Kompas.com - 12/08/2017, 15:08 WIB
Tim Jelajah Sepeda Flores (JSF) yang digelar Kompas start di samping lapangan di Jalan Pos, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (12/8/2017) pagi.  KOMPAS.COM/SANDRO GATRATim Jelajah Sepeda Flores (JSF) yang digelar Kompas start di samping lapangan di Jalan Pos, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (12/8/2017) pagi.
Penulis Sandro Gatra
|
EditorI Made Asdhiana

FLORES, KOMPAS.com - Awal etape I Jelajah Sepeda Flores (JSF) yang digelar Kompas, Sabtu (12/8/2017), langsung berhadapan dengan tanjakan panjang.

Tim memulai start di samping lapangan di Jalan Pos, Maumere, Nusa Tenggara Timur setelah acara seremonial pelepasan pukul 08.00 Wita.

Rute etape I ini menuju Kelimutu sejauh 107 KM.

Pada awal jelajah, peserta harus menggilas jalanan Maumere yang menanjak dan berkelok-kelok sekitar 10 KM. Bagi saya, benar-benar pemanasan yang membakar.

Setelah istirahat mengatur napas di KM 10, jalanan selanjutnya menurun. Dapat bonus, istilah yang biasa dipakai peserta.

(BACA: Enam Hari Membelah Flores dengan Sepeda)

Kemudian, jalanan naik turun melewati pegunungan. Tim terpecah dalam beberapa kelompok kecil.

Selain jalanan menanjak, tantangan lain adalah menghadapi teriknya sinar matahari.

Beruntung, banyak warga yang memberi semangat para pesepeda. Bocah-bocah, dewasa hingga orangtua berkerumun di depan rumah mereka.

Terutama ketika melewati sekolah. Para siswa berdiri di depan sekolah sambil berteriak memberi semangat.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.