Setelah Tempuh 107 Km, Peserta Jelajah Sepeda Flores Diharapkan Bermalam di Kelimutu

Kompas.com - 12/08/2017, 21:48 WIB
Tim Jelajah Sepeda Flores (JSF) yang digelar Kompas start di samping lapangan di Jalan Pos, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (12/8/2017) pagi.  KOMPAS.COM/SANDRO GATRATim Jelajah Sepeda Flores (JSF) yang digelar Kompas start di samping lapangan di Jalan Pos, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (12/8/2017) pagi.
|
EditorAmir Sodikin

ENDE, KOMPAS. com - Hari pertama peserta Jelajah Sepeda Flores ( JSF) yang digelar harian  Kompas, direncanakan bermalam di kawasan perbukitan Kelimutu, Desa Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (12/8/2017).

Perhentian pertama ini setelah para peserta menempuh perjalanan dari Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka, menuju ke kawasan Kelimutu sekitar 107 kilometer.

Demikian dijelaskan Koordinator Jelajah Sepeda Flores (JSF) 2017, Jannes Eudes Wawa, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (12/8/2017).

Pada Jelajah Sepeda Flores 2017, lanjut Jannes, ada 68 orang peserta yang terdiri dari 50 orang pesepeda dan 18 orang tim pendukung.

Seperti diberitakan sebelumnya, awal etape I Jelajah Sepeda Flores (JSF) yang digelar Kompas, Sabtu (12/8/2017), langsung berhadapan dengan tanjakan panjang.

Tim memulai start di samping lapangan di Jalan Pos, Maumere, Nusa Tenggara Timur setelah acara seremonial pelepasan pukul 08.00 Wita.

Rute etape I ini menuju Kelimutu sejauh 107 KM.

Pada awal jelajah, peserta harus menggilas jalanan Maumere yang menanjak dan berkelok-kelok sekitar 10 KM. Wartawan Kompas.com, Sandro Gatra, yang menjadi salah satu peserta melaporkan, "Bagi saya, ini benar-benar pemanasan yang membakar."

"Setelah istirahat mengatur napas di KM 10, jalanan selanjutnya menurun. Dapat bonus, istilah yang biasa dipakai peserta," kata Sandro. 

 Baca selengkapnya: Jelajah Sepeda Flores, Pemanasan Tanjakan Sepanjang 10 Kilometer

Koordinator Jelajah Sepeda Flores 2017, Jannes Eudes Wawa, mengatakan, gowes kali ini mengambil rute yang berbeda dengan tahun lalu.

"Kali ini akan menuju Riung, Kabupaten Ende, Ngada, dengan melintasi wilayah Kabupaten Nagekeo. Bahkan kali ini akan melintasi Ruteng dari timur ke barat dengan mengunjungi obyek-obyek wisata di Pulau Flores," jelas Jannes.

Jannes menjelaskan ada enam etape yang dijelajahi oleh para penggowes. Rute pertama Maumere-Kelimutu; rute kedua Kelimutu-Riung; rute ketiga Riung-Ngada; rute keempat Bajawa-Ruteng; rute kelima Ruteng-Waerebo;  dan rute keenam Waerebo-Labuan Bajo.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X