Kompas.com - 14/08/2017, 20:07 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) akan mengibarkan bendera merah putih di goa dan tebing di Indonesia. Yaitu Tebing Puruk Sandukui di Kalimantan Tengah dan dasar Gua Hatusaka di Maluku Tengah.

"Pada tanggal 17 Agustus 2017, tim pemanjat akan melaksanakan upacara kemerdekaan di teras tebing. Kemudian, tim direncanakan akan mencapai puncak tebing pada tanggal 20 Agustus 2017 dan mengibarkan bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di puncak tebing perawan ini," kata salah satu anggota tim ekspedisi Tebing Puruk Sandukui, Gregorius Benhard Praga kepada KompasTravel.

Terletak di Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Tebing Puruk Sandukui memiliki ketinggian sekitar 250 meter. Sebelumnya, Tebing Puruk Sandukui pernah dipanjat oleh organisasi Mapala Comodo Universitas Palangkaraya, yakni setinggi 100 meter bagian bawah dari tebing tujuan.

Tebing di Puruk Sandukui, Desa Harowu, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, dari kejauhan. Diambil dari dalam hutan sisi utara yang mengelilingi tebing. Di sini terlihat bentuk unik tebing  tersebut yaitu puncak utamanya yang menyerupai jari telunjuk mengarah ke atas.GREGORIUS BENHARD PRAGA Tebing di Puruk Sandukui, Desa Harowu, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, dari kejauhan. Diambil dari dalam hutan sisi utara yang mengelilingi tebing. Di sini terlihat bentuk unik tebing tersebut yaitu puncak utamanya yang menyerupai jari telunjuk mengarah ke atas.
Sementara itu, pengibaran bendera Merah Putih di Gua Hatusaka yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Manusela akan dilakukan oleh empat anggota tim ekspedisi Manusela Speleology Expedition Mapala UI. Pengibaran bendera akan dilakukan di dasar Gua Hatusaka yang berkedalaman 388 meter terhitung dari mulut gua.

“Kedua ekspedisi ini diharapkan dapat membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di masing-masing daerah tujuan. Tebing Puruk Sandukui di Kalimantan serta berbagai goa baru yang akan dipetakan oleh tim Manusela Speleology Expedition di Maluku ini, akan kami rekomendasikan untuk menjadi tempat wisata kegiatan alam bebas kepada pemerintah setempat,” ujar Yohanes Poda Sintong selaku Ketua Mapala UI.

Tim Manusela Speleology Expedition berangkat ke Maluku Tengah pada 5 Agustus 2017. Dalam ekspedisi gua ini, tim juga melakukan penelitian berupa pencarian, pemetaan dan eksplorasi gua-gua baru di kawasan Taman Nasional Manusela berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh yang masih sangat jarang diterapkan oleh penelusur goa di Indonesia.

Sementara itu, tim ekspedisi Tebing Puruk Sandukui diikuti oleh delapan anggota Mapala UI. Tim bertolak dari Sekretariat Mapala UI, Depok, Jawa Barat pada tanggal 12 Agustus 2017. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.