Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Agustus 2017, Tiket KA Lokal dan KRL Gratis!

Kompas.com - 15/08/2017, 11:48 WIB
Lisa Viranda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI, PT KAI menggratiskan tiket perjalanan KA lokal di Jawa dan Sumatera serta KRL pada semua rute. Tiket gratis ini khusus untuk penjualan dan keberangkatan hari Kamis, 17 Agustus 2017. 

Terdapat 33 nama KA lokal untuk 199 perjalanan, dan 918 perjalanan KRL yang tiket perjalanannya akan digratiskan. 

"Kami mau di hari Kemerdekaan Indonesia ini, masyarakat juga harus merdeka naik kereta api lokal dan KRL. Selain itu, kami juga ingin meningkatkan kecintaan masyarakat akan moda transportasi massal kereta api yang bebas macet dan rendah polusi," ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Sejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di garis batas antrean berwarna hijau di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017). Garis batas antrean ini dibuat agar arus keluar masuk penumpang lebih teratur dan diharapkan dapat menghindari aksi saling mendorong sesama penumpang KRL.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di garis batas antrean berwarna hijau di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017). Garis batas antrean ini dibuat agar arus keluar masuk penumpang lebih teratur dan diharapkan dapat menghindari aksi saling mendorong sesama penumpang KRL.

Prediksi total kapasitas penumpang yang akan diangkut mencapai 1.216.349 orang. Dengan rincian 150.827 penumpang untuk KA lokal dan 1.216.349 orang untuk penumpang KRL. 

Meskipun ditetapkan secara gratis, KA lokal dan KRL akan mengangkut sesuai dengan kapasitasnya yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. 8/2001 tentang Angkutan Kereta Api pasal 10 yakni 150 persen dari okupansi. 

"Hal ini dilakukan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama perjalanan," ujar Edi.

Edi menambahkan, Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan mendukung secara penuh terkait program ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com