Kompas.com - 15/08/2017, 11:48 WIB
Penulis Lisa Viranda
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI, PT KAI menggratiskan tiket perjalanan KA lokal di Jawa dan Sumatera serta KRL pada semua rute. Tiket gratis ini khusus untuk penjualan dan keberangkatan hari Kamis, 17 Agustus 2017. 

Terdapat 33 nama KA lokal untuk 199 perjalanan, dan 918 perjalanan KRL yang tiket perjalanannya akan digratiskan. 

"Kami mau di hari Kemerdekaan Indonesia ini, masyarakat juga harus merdeka naik kereta api lokal dan KRL. Selain itu, kami juga ingin meningkatkan kecintaan masyarakat akan moda transportasi massal kereta api yang bebas macet dan rendah polusi," ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Sejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di garis batas antrean berwarna hijau di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017). Garis batas antrean ini dibuat agar arus keluar masuk penumpang lebih teratur dan diharapkan dapat menghindari aksi saling mendorong sesama penumpang KRL.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di garis batas antrean berwarna hijau di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017). Garis batas antrean ini dibuat agar arus keluar masuk penumpang lebih teratur dan diharapkan dapat menghindari aksi saling mendorong sesama penumpang KRL.

Prediksi total kapasitas penumpang yang akan diangkut mencapai 1.216.349 orang. Dengan rincian 150.827 penumpang untuk KA lokal dan 1.216.349 orang untuk penumpang KRL. 

Meskipun ditetapkan secara gratis, KA lokal dan KRL akan mengangkut sesuai dengan kapasitasnya yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. 8/2001 tentang Angkutan Kereta Api pasal 10 yakni 150 persen dari okupansi. 

"Hal ini dilakukan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama perjalanan," ujar Edi.

Edi menambahkan, Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan mendukung secara penuh terkait program ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.