Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Dapat Tiket KA Lokal dan KRL Gratis pada 17 Agustus? Ini Caranya

Kompas.com - 15/08/2017, 15:04 WIB
Lisa Viranda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan KA Lokal dan KRL gratis dapat dinikmati oleh masyarakat pada 17 Agustus 2017 mulai keberangkatan KRL pertama hingga tiba di tempat tujuan. Digratiskannya tiket KA lokal dan KRL ini berlaku apabila masyarakat mengikuti ketentuan yang berlaku.

"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi KA lokal bisa mendapatkan tiket gratis secara go show di loket penjualan langsung di stasiun keberangkatan," ujar Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro, di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Khusus untuk KA lokal yang tiketnya bisa dibeli H-7/H-30, PT KAI telah menutup sementara reservasi pemesanan tiket mulai 7 Agustus 2017 untuk keberangkatan 17 Agustus 2017.

(BACA: Ini Rute KA Lokal dan KRL Gratis pada 17 Agustus 2017)

Namun bagi para pengguna jasa KA Lokal yang telah melakukan pembelian tiket KA Lokal H-7/H-30 dengan tarif normal untuk keberangkatan 17 Agustus 2017, maka dapat melakukan refund termasuk bea pesan di stasiun kedatangan dengan menyerahkan bukti tiket atau boarding pass.

Proses refund dapat dilakukan pada 17-18 Agustus 2017 pukul 18.00 di loket stasiun kedatangan.

(BACA: Tak Mau Kalah dengan Jepang, Inilah Inovasi Kereta Wisata Indonesia)

Bagi pengguna jasa KRL, tiket gratis pada tanggal 17 Agustus 2017 akan berlaku bagi masyarakat yang memakai Kartu Multi Trip (KMT), Tiket Harian Berjaminan (THB), dan kartu bank yang telah bekerja sama dan dapat digunakan untuk perjalanan KRL.

Stasiun Bogor yang masih terawat sejak penyempurnaan pada 1881. Stasiun ini merupakan salah satu infrastruktur di Jabodetabek yang menjadi bagian tonggak pemodernan perkeretaapian Indonesia oleh Belanda melalui elektrifikasi yang selesai pada 1930. KOMPAS/AMBROSIUS HARTO Stasiun Bogor yang masih terawat sejak penyempurnaan pada 1881. Stasiun ini merupakan salah satu infrastruktur di Jabodetabek yang menjadi bagian tonggak pemodernan perkeretaapian Indonesia oleh Belanda melalui elektrifikasi yang selesai pada 1930.
Saldo minimum yang harus dimiliki oleh pengguna KMT dan kartu bank adalah sebesar Rp 13.000, sedangkan bagi para pengguna THB tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya dan memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp 10.000.

Pembelian maupun pengisian relasi tidak dikenakan biaya, sementara uang jaminan juga akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna saat mengembalikan kartu THB.

Penalti dan suplisi akan tetap dikenakan bagi masyarakat yang tidak mengikuti ketentuan tiket elektronik KRL Jabodetabek.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA Lokal dan KRL secara gratis harus mengikuti ketentuan yang berlaku dan memperhatikan keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan baik saat mengantre tiket maupun dalam perjalanan," tutup Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com