Peringati HUT RI, Rasakan Sensasi Mengikuti Night At The Museum

Kompas.com - 17/08/2017, 07:22 WIB
Para peserta Night At The Museum berkumpul memenuhi pelataran halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Rabu (16/8/2017) malam. Mereka menginap dan berwisata di Museum Perumusan Naskah Proklamasi hingga Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOPara peserta Night At The Museum berkumpul memenuhi pelataran halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Rabu (16/8/2017) malam. Mereka menginap dan berwisata di Museum Perumusan Naskah Proklamasi hingga Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan orang peserta acara Night At The Museum berkumpul memenuhi pelataran halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Rabu (16/8/2017) malam.

Peserta acara tersebut bakal menginap dan berwisata di Museum Perumusan Naskah Proklamasi hingga Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

(BACA: Sambut HUT RI, 1.516 Bendera Berkibar di Goa Ngingrong Yogyakarta)

Koordinator Acara Night At The Museum, Asep Kambali mengatakan kegiatan Night At The Museum akan diisi dengan pemutaran video bersejarah, diskusi tentang perjuangan kemerdekaan dengan pejuang dan sejarawan, tur keliling museum, dan renungan kemerdekaan.

Menurut Asep, para peserta tidur di sekitar area Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

"Kegiatan Night At The Museum sudah banyak diselenggarakan dari tahun 2005. Kalau mengingat keseluruhan di museum ini yang keempat. Sebelumnya ada Museum Bank Mandiri, Museum Bahari, Museum Taman Prasasti, dan yang keempat di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Ini yang kali pertama di Museum Perumusan Naskah Proklamasi," kata Asep kepada KompasTravel sebelum acara berlangsung.

(BACA: Napak Tilas Kembali Digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi)

Ia mengatakan ada sekitar 350 orang yang mengikuti acara Night At The Museum. Peserta berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan karyawan swasta.

"Kalau Night At The Museum itu berkunjung malam-malam, biasanya kami sampai malam. Kali ini kita menginap. Kita rasakan sensasi tidur di museum. Orang bilang angker, kita buktikan," ujarnya.

Para peserta Night At The Museum berkumpul memenuhi pelataran halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Rabu (16/8/2017) malam. Mereka menginap dan berwisata di Museum Perumusan Naskah Proklamasi hingga Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para peserta Night At The Museum berkumpul memenuhi pelataran halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Rabu (16/8/2017) malam. Mereka menginap dan berwisata di Museum Perumusan Naskah Proklamasi hingga Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
Salah satu peserta acara Night At The Museum, Glorious Patricia (18) datang bersama tujuh orang rekannya. Ia mengaku baru pertama kali datang ke museum pada malam hari.

"Saya datang penasaran sama acara Night At The Museum. Sebelumnya belum pernah. Saya tahu dari teman yang mengajak. Saya ingin tahu tentang sejarah detik-detik kemerdekaan," ujar Patricia kepada KompasTravel.

Pada pengalaman pertama pergi dan menginap di museum, Patricia sempat takut. Ia menganggap museum sebagai bangunan bersejarah yang menyeramkan.

"Harapannya, pengetahuan yang saya dapat di acara ini bisa dipakai di sekolah," kata Patricia.

Adapun dialog dengan tokoh bersama sejarawan Rushdy Husein dan Sekretaris Jenderal Dewan Harian Nasional 45, Edi Sapuan. Acara Night At The Museum berlangsung hingga dini hari pukul 03.00 WIB.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X