Suka Ngopi? Ini Cara Benar Membuat Kopi Tubruk

Kompas.com - 18/08/2017, 15:46 WIB
Kopi dan biji kopi produksi dari kebun di Vila MesaStila, Magelang, Jawa Tengah, Senin (13/10/2014). Vila MesaStila dahulu merupakan rumah pemilik kebun kopi asal Belanda, Gustav Van Der Swan tahun 1928 dan pernah berpindah kepemilikan pada HOS Cokroaminoto. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKopi dan biji kopi produksi dari kebun di Vila MesaStila, Magelang, Jawa Tengah, Senin (13/10/2014). Vila MesaStila dahulu merupakan rumah pemilik kebun kopi asal Belanda, Gustav Van Der Swan tahun 1928 dan pernah berpindah kepemilikan pada HOS Cokroaminoto.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - "Menilai rasa kopi yang paling jujur itu menggunakan cara kopi tubruk," ujar Edward Teonadi Sr. Research and Development Manager PT MAXX COFFEE Prima, saat peresmian gerai MAXX Corner beberapa waktu lalu.

Menikmati kopi dengan cara tubruk atau menyeduh biji secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh.

(BACA: Ngopi di Kafe Tak Harus Mahal, Coba Gerai Kopi Baru Ini)

Meski populer digunakan, masih banyak orang yang belum memperhatikan cara-cara terbaik membuat kopi tubruk agar sesuai selera.

Berikut caranya yang KompasTravel rangkum saat demo pembuatan kopi tubruk dalam peresmian gerai MAXX Corner, Plaza Semanggi, Rabu (16/8/2017).

1. Timbang biji kopi sebelum digiling. Biji kopi harus satu banding 15 dengan air. Semisal 10 gram kopi untuk 150 mililiter air.

2. Giling biji kopi hingga ukuran medium, atau tidak terlalu besar maupun kecil.

"Biji kopi terlalu halus akan mudah pahit atau kematangan saat diseduh, sebaliknya terlalu kasar akan terlalu asam. Jadi medium aja, seperti gula pasir," ujar Viki Rahardja, barista senior Indonesia yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut.

(BACA: Saya Bangga Jadi Barista Kopi di Indonesia)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X