Gampong Expo di Lhokseumawe, Ada Pesta Seni dan Kuliner

Kompas.com - 20/08/2017, 12:17 WIB
Tim tari rapai uroh berlatih jelang penampilan pada Gampong Expo Lhokseumawe di Pusat Kuliner Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/8/2017) malam. KOMPAS.com/MASRIADITim tari rapai uroh berlatih jelang penampilan pada Gampong Expo Lhokseumawe di Pusat Kuliner Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/8/2017) malam.
|
EditorI Made Asdhiana

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Lhokseumawe, Aceh, menggelar Gampong (desa) Expo selama lima hari pada 23-27 Agustus 2017 di Lapangan Hiraq Lhokseumawe.

Pameran tersebut diikuti 68 desa dalam kota tersebut akan memamerkan produk kerajinan, wisata dan budaya kota yang dulu dijuluki Petro Dollar itu.

"Event ini bertujuan untuk mempromosikan berbagai produk unggulan masyarakat yang ada di tiap desa, baik berupa hasil kerajinan, kuliner dan berbagai karya lainnya," ujar Kepala Dinas PMG Lhokseumawe, Iskandar, Sabtu (19/8/2017).

(BACA: Menikmati Mi Udang Dek Muksin di Lhokseumawe)

Di sela expo akan dipertontonkan kesenian tradisional seperti pementasan rapai uroeh, ratep ayon, hingga dalail khairat.

"Selain diperlombakan, penampilan kesenian tersebut kita jadikan sebagai upaya pelestarian identitas kebudayaan lokal Aceh di tiap gampong," kata Iskandar.

Dalam skala yang lebih luas, menurut Iskandar, agenda tahunan ini diharapkan mampu mendongkrak pendapatan desa serta menggairahkan pariwisata kota itu.

"Kami persilakan nikmati kulinernya, saksikan pentas seninya dan belilah kerajinan dari desa ini,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X