Kompas.com - 20/08/2017, 17:10 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

POLEWALI, KOMPAS.com - Karnaval budaya yang mengusung tema keberagaman budaya nusantara dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia berlangsung meriah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Minggu (20/8/2017).

Ribuan anak-anak dari berbagai sekolah TK dan SD di Polewali mandar tampil cantik dan gagah dengan warna warni budaya nusantara.

Beragam kesenian tradisional dan pakaian adat nusantara yang dikenakan para peserta membuat mereka tampak bangga dan senang menjadi sorotan ribuan pasang mata di sepanjang rute karnaval yang dilalui peserta.

(BACA: Pasca HUT RI, Obyek Wisata Sejarah di Rengasdengklok Ramai Pengunjung)

Karnaval budaya yang menampilkan warna warni budaya nusantara sebagai salah satu kekayaan budaya ini dipusatkan di desa Tonyamang Polewali Mandar.

Peserta karnaval yang mempertontonkan keindahan warna budaya nusantara berkeliling dari lapangan sepak bola Tonyaman, melintasi jalan Andi Depu, kemudian berkeliling kota hingga akhirnya finish di SDN 015.

Karnaval budaya yang mengusung tema keberagaman budaya nusantara dalam rangka menyambut HUT ke-72 Republik Indonesia berlangsung meriah di Polewali Mandar Sulawesi Barat, Minggu (20/8/2017).KOMPAS.com/JUNAEDI Karnaval budaya yang mengusung tema keberagaman budaya nusantara dalam rangka menyambut HUT ke-72 Republik Indonesia berlangsung meriah di Polewali Mandar Sulawesi Barat, Minggu (20/8/2017).
Dalam pawai karnaval ini, para peserta menggunakan berbagai pakaian adat seperti adat bugis, mandar, jawa, toraja, mamasa dan pakaian adat nusantara laionnya.

Selain pakaian adat, ada pula peserta yang menggunakan kostum seperti tentara, polisi, nelayan dan petani.

(BACA: Caci, Congka Sae, dan Duku Meriahkan HUT RI di Manggarai Timur)

Meski berbeda warna kostum dan kesenian namun para peserta tampak bangga mengenakan pakaian adat nusantara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.