Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Sriwijaya Efektif Mendatangkan Wisatawan

Kompas.com - 23/08/2017, 09:16 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Festival Sriwijaya resmi dibuka Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan, di pelataran Benteng Kuto Besak. Festival Sriwijaya ke-26 akan berlangsung pada 22-27 Agustus 2017.

Acara tersebut dihadiri Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana.

(BACA: Festival Sriwijaya 2017 Tetap Berlangsung di Benteng Kuto Besak)

Pariwisata Sumsel saat ini sedang giat-giatnya mempersiapkan diri dan memanfaatkan momen Asian Games 2018 untuk meraih kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Festival Sriwijaya dibuka, Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di pelataran Benteng Kuto Besak.ARSIP FORWAPAR Festival Sriwijaya dibuka, Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di pelataran Benteng Kuto Besak.
Festival yang digelar Pemprov Sumsel dan didukung sejumlah pihak kali ini mengangkat tema "Perniagaan Maritim" sesuai dengan kemaharajaan Sriwijaya yang terbukti mampu menjelajahi hingga pantai Timur Afrika bahkan ke Madagaskar.

(BACA: Berkah JFC, Hotel di Jember Penuh Tamu, Banyuwangi Pun Kecipratan)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Irene mengatakan selain ikut mempromosikan Asian Games 2018 yang akan digelar di Palembang dan Jakarta, Festival Sriwijaya tahun ini juga mempromosikan pariwisata daerah 17 kabupaten/kota di Sumsel untuk mendongkrak sektor industri pariwisata nasional.

Agenda Festival Sriwijaya 2017 antara lain pergelaran Orkestra Sriwijaya, Atraksi Silat, Syarofal Anam, Festival Kuliner, Lomba lari, Lomba Paduan Suara, Lomba Fashion Show Anak-Anak, Lomba Instagram, Lomba Blog, Fashion Show Kolosal, dan Festival Kreatifood dengan menyajikan menu kopi.

Festival Sriwijaya dibuka, Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di pelataran Benteng Kuto Besak.ARSIP FORWAPAR Festival Sriwijaya dibuka, Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di pelataran Benteng Kuto Besak.
Ada juga panggung hiburan yang menampilkan musik etnik, parade musik jalanan, dan parade teater tradisional Dul Muluk serta penampilan gelar budaya dari kabupaten/kota se-Sumsel.

(BACA: Dari Mistik ke Majestic, Kemenpar Promosikan Banyuwangi sampai Eropa)

Tak ketingalan pementasan teater mini, Festival Batanghari Sembilan dengan menampilkan 60 peserta gitar tunggal, pementasan musik jalanan dan malamnya pementasan wayang kulit Palembang.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan sebuah festival seperti Festival Sriwijaya ini sangat efektif untuk mempromosikan daerah, menarik wisatawan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(BACA: Pitana: Meski Bali Sudah Dikenal Dunia, Promosi Tetap Penting)

Pitana lantas membandingkan dengan kota-kota di mancanegara seperti di Brasil dan Belanda yang sukses menggaet wisatawan berkat rutin menggelar festival. Kota-kota di Indonesia pun kini mulai bangkit dengan menggelar festival.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana pada Festival Sriwijaya, Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan.ARSIP FORWAPAR Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana pada Festival Sriwijaya, Selasa (22/8/2017) malam di Palembang, Sumatera Selatan.
"Contoh Jember. Sebelumnya tak ada yang mengenal. Karena konsisten menyelenggarakan Jember Fashion Carnaval, kini Jember mulai dikenal wisatawan dalam dan luar negeri," katanya.

"Banyuwangi juga. Dalam lima tahun terakhir rutin menggelar berbagai acara setiap tahun. Kini kota di ujung timur Pulau Jawa itu menjadi rujukan wisatawan untuk berlibur," tambah Pitana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com