Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Keuntungan jika Beli Tiket Atraksi Wisata dengan Cara Online

Kompas.com - 25/08/2017, 06:23 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi online booking memang kian memberikan kemudahan dalam aktivitas traveling. Tren baru dalam penjualan tiket online pun terus berkembang di Indonesia.

Bukan hanya tiket akomodasi dan transportasi yang bisa dipesan secara online. Kini online travel agent (OTA), sudah menjual tiket beragam atraksi wisata termasuk rekreasi di platformnya.

"Trennya sekarang bukan hanya booking hotel dan penerbangan tapi juga atraksi belinya di online, karena lebih pasti dan terjamin," ujar Dannis Muhammad, Head of Marketing Traveloka, saat konfrensi pers program Jelajah Keindahan Nusantara, Selasa (23/8/2017).

Beberapa contoh atraksi wisata yang bisa dipesan online ialah caving Goa Pindul, telusur Keraton Yogyakarta, paint ball, Kampung Budaya hingga trip Gunung Salak di Bogor.

Selain itu taman-taman bermain besar juga sudah lebih dulu dijual online seperti aneka water park, Kidzania, dan taman bermain modern lainnya di berbagai kota.

Sebenarnya apa saja kelebihan dan keuntungannya membeli tiket atraksi wisata secara online? Berikut bocoran dari Head of Marketing Traveloka.

Sejumlah wisatawan mancanegara memotret seorang abdi dalem di Keraton Yogyakarta, Kamis (17/9/2015). Selama bulan September, kunjungan wisatawan mancanegara ke Keraton Yogyakarta relatif stabil, yakni sekitar 400 orang per hari.KOMPAS/HARIS FIRDAUS Sejumlah wisatawan mancanegara memotret seorang abdi dalem di Keraton Yogyakarta, Kamis (17/9/2015). Selama bulan September, kunjungan wisatawan mancanegara ke Keraton Yogyakarta relatif stabil, yakni sekitar 400 orang per hari.
1. Bisa lebih murah

Kelebihan ini yang menjadi alasan paling menarik untuk memesan tiket atraksi wisata dengan cara online. Ragam promo yang sering dilakukan OTA bisa menekan harga tiket aslinya jika beli di wahana atraksinya langsung, terlebih jika wisatawan membeli secara paket dengan transportasi dan akomodasinya.

"Mayoritas promo dari kita, lebih sering dibanding dari atraksi wisatanya sendiri," ujar Dannis.

2. Bisa diakses infonya dari manapun

Inilah keunggulan utama online yang bisa diakses dari manapun lewat smartphone yang ada di genggaman.

3. Praktis tak perlu antri

Ragam fitur web maupun apps OTA sudah sangat memudahkan para traveler dengan hanya beberapa kali klik saja bisa mendapat tiket tanpa harus datang dan antre.

4. Perencanaan matang karena Info lengkap

Mungkin beberapa wahana atraksi wisata kini sudah menyediakan fasilitas tiket online di webnya masing-masing. Hanya yang menjadi keunggulan OTA ialah dalam satu platform tersebut memiliki banyak opsi beserta informasi tiapnya.

Anak-anak mencoba salah satu kegiatan di establishment Nippon Paint, di KidZania, Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/1/2015).Arimbi Ramadhiani/KOMPAS.com Anak-anak mencoba salah satu kegiatan di establishment Nippon Paint, di KidZania, Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/1/2015).
Perencanaan wisata dari jauh-jauh hari bisa dilakukan karena informasi yang disajikan cukup lengkap. Informasi yang biasa Anda butuhkan ulai ragam aktivitasnya sampai rute menuju kesana, tersedia dalam satu halaman.

5. Terjamin persediaan tiketnya

Persediaan tiket yang tertera di platform online memiliki porsi tersendiri. Cukup aman untuk pesan di kala high season atau libur panjang.

"Terjamin tiketnya, sesuai jumlah kuota dari wisata tersebut. Kalau sudah beli, nanti tinggal tunjukin aja di email, sama seperti boarding pass," kata Dannis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com