Kompas.com - 25/08/2017, 14:10 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan transaksi online di Indonesia kian menanjak, tak terkecuali untuk industri travel. Traveloka dan Tiket.com dalam kesempatan yang berbeda mengakui potensi pasar yang terus menanjak di tiap tahunnya.

"Ada kebiasaan yang berubah dari orang Indonesia. Travel sudah bukan lagi hal sekunder, sudah diagendakan jauh-jauh hari. Online travel agent sangat membantu, makanya transaksinya terus naik," ujar Gaery Undarsa, co-founder sekaligus Chief Communication Officer Tiket.com, pada acara Media Lunch di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

(BACA: Ini 5 Keuntungan jika Beli Tiket Atraksi Wisata dengan Cara Online)

Sedangkan dalam kesempatan yang berbeda, Head of Marketing Traveloka, Dannis Muhammad mengatakan kenaikan transaksi online untuk travel ini terbagi dari dua generasi, yang memiliki ciri khasnya sendiri saat transaksi travel.

"Generasi milenial sekitar 35 tahun ke bawah semakin banyak, sedangkan generasi usia 35 tahun ke atas mulai belajar menyesuaikan online," kata Dannis saat konferensi pers program Jelajah Keindahan Nusantara, Selasa (23/8/2017).

(BACA: Tren Membeli Tiket Atraksi Wisata secara Online Kian Populer)

Berikut ciri dari kedua generasi tersebut saat menentukan destinasi dan bertransaksi dalam berlibur:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Waktu pemesanan dan pemanfaatan promo

Mayoritas generasi milenial yang memanfaatkan online travel agent (OTA) ternyata punya perencanaan liburan yang cukup jauh. Dalam artian, pemesanan tiket dan periode keberangkatan cukup jauh jaraknya.

Wisata hutan pinus di Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, cocok buat wisatawan yang suka selfie.Ira Rachmawati Wisata hutan pinus di Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, cocok buat wisatawan yang suka selfie.
Faktor tersebut bisa terjadi karena untuk memanfaatkan promo yang ada, harga yang lebih rendah di jauh-jauh hari. Ataupun pemesanan untuk keperluan bisnis yang memang mengharuskan insidental bagi usia 35 ke atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.