Kompas.com - 25/08/2017, 17:06 WIB
Pulau Tabuhan di Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIPulau Tabuhan di Banyuwangi, Jawa Timur.
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemkab Banyuwangi kembali menggelar International Kite and Windsurfing di Pulau Tabuhan pada Sabtu-Minggu, 26-27 Agustus 2017.

Pulau Tabuhan adalah pulau tidak berpenghuni seluas 5 hektar yang berada di Kecamatan Wongsorejo yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi.

Rencananya akan ada 50 peserta dari 13 negara yang akan ikut di ajang bergengsi tersebut antara lain Belanda, Thailand, Malaysia, Austria, Italia, Australia, Spanyol, Selandia Baru termasuk juga Amerika, Inggris, Swiss, Perancis dan juga Indonesia.

(BACA: 52 Kiteboarder Beraksi di Pulau Tabuhan Banyuwangi)

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan International kite and windsurfing adalah bagian dari wisata olahraga yang digarap Banyuwangi untuk mempromosikan wisata daerah. "Pulau Tabuhan memiliki angin yang cocok untuk digelar kite and windsurfing," kata Anas.

Bahkan angin di Pulau Tabuhan memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh tempat lainnya. Selain itu, Pulau Tabuhan menyimpan pesona yang indah.

(BACA: Bangsring Under Water dan Ijen Resort Wakili Indonesia di UNWTO Awards 2016)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasir putih yang halus, air laut yang jernih dan biota laut yang menawan sehingga banyak wisatawan yang pergi ke Pulau Tabuhan untuk melakukan snorkeling.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah, bertopi putih) bersama para kiteboarder dari 20 negara yang mengikuti ajang Tabuhan Island Pro Kiteboarding, Sabtu (22/8/2015), di Pulau Tabuhan, Banyuwangi, Jawa Timur.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah, bertopi putih) bersama para kiteboarder dari 20 negara yang mengikuti ajang Tabuhan Island Pro Kiteboarding, Sabtu (22/8/2015), di Pulau Tabuhan, Banyuwangi, Jawa Timur.
“Kalau Pulau Tabuhan menjadi destinasi selancar layang dunia, geliat perekonomian di sekitar lokasi akan ikut terdongkrak. Mengingat, pasar selancar layang kini terus tumbuh pesat. Banyuwangi akan kedatangan banyak tamu, baik atlet maupun wisatawan. Masyarakat bisa melakukan kegiatan ekonomi produktif seperti jualan suvenir, kuliner, travel, dan jasa penunjang lainnya,” kata Anas.

Untuk mencapai Pulau Tabuhan, wisatawan bisa menyeberang menggunakan perahu dari pesisir Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.