Persiapan Pariwisata Kulon Progo Menyambut Bandara Internasional Baru

Kompas.com - 26/08/2017, 19:01 WIB
Grojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (Tribun Jogja/Gilang Satmaka) TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKAGrojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2019 nampaknya akan jadi tahun lonjakan pariwisata di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Pasalnya di tahun tersebut Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) mulai beroperasi.

Bersamaan dengan itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan 2019 nanti, Candi Borobudur yang merupakan magnet wisata terdekat resmi menjadi destinasi utama kelas dunia.

(BACA: Yuk Cicipi Makanan Dicampur Tanaman Liar di Kulon Progo)

"Dari 10 destinasi prioritas ada tiga yang paling utama diprioritaskan menjadi ikon pariwisata kelas dunia di 2019. Salah satunya Borobudur yang dekat dari Kulon Progo," ujar Arief Yahya saat peluncuran KULFEST- Festival Kampung Budaya Kulon Progo, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (24/8/2017).

Goa Sikidang di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.TRIBUN JOGJA/SINGGIH WAHYU Goa Sikidang di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo terus mempersiapkan kabupatennya terutama dari segi pariwisata dengan mengembangkan Aksesibilitas, Amenitas, dan Atraksi (A3).

1. Akses jalan

"Kita sudah menetapkan dan sudah mulai membangun jalur Bedah Menoreh, yang menghubungkan kawasan wisata Borobudur dengan bandara baru. Ini harus tembus 2019 siap beroperasi," ujar Hasto dalam kesempatan yang sama di Jakarta.

(BACA: Ikon Joglosemar Diharapkan Buka Potensi Wisata Kulon Progo)

Ia mengatakan tahun ini berjalan proses pelebaran akses-akses dari bandara, terutama jalur Bedah Menoreh tersebut.

Sementara untuk kendaraan umum, menurutnya belum ada. Hanya kendaraan sewa untuk wisata yang selama ini sudah beroperasi, sejenis jeep.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X