Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Turis Domestik dan Mancanegara saat Naik KA

Kompas.com - 29/08/2017, 07:12 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski maskapai berbiaya rendah merajalela, kereta tetap jadi transportasi favorit wisatawan. Buktinya, di Indonesia, banyak turis asing yang naik kereta untuk perjalanan antar kota. 

"Banyak dari mereka (turis asing) juga yang naik kereta wisata. Mayoritas dari Eropa, seperti Belanda dan Perancis. Juga turis Australia yang kebanyakan backpacker," kata Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata, Totok Suryono, kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

(BACA: 3 Minggu Beroperasi, KA Wisata Priority Selalu Penuh Penumpang)

Ada beberapa perbedaan mendasar dari turis domestik dan turis asing saat naik kereta. Totok menjelaskan bahwa turis mancanegara lebih suka perjalanan pagi.

"Mereka lebih suka naik kereta jadwal pagi. Melihat pemandangan, foto-foto," katanya.

BACA: Tak Mau Kalah dengan Jepang, Inilah Inovasi Kereta Wisata Indonesia

Lain halnya dengan turis domestik yang mayoritas lebih suka perjalanan malam. Turis domestik, lanjut Totok, lebih memanfaatkan kereta jadwal malam agar tidak mengganggu waktu perjalanan.

"Turis domestik lebih suka perjalanan malam sehingga bisa tidur," tambahnya. 

KA Wisata Priority yang beroperasi sejak 4 Agustus 2017 rupanya sudah cukup dikenal di kalangan turis asing. Tak sedikit turis asing terutama asal Eropa yang mencoba kereta wisata ini.

"Di Indonesia, ini merupakan kereta wisata pertama. Sama halnya dengan di negara-negara lain seperti India, Eropa, Rusia, yang punya kereta wisata sendiri. Mereka rela bayar mahal untuk pengalaman," tutur Totok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com