Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Idul Adha, Minat Wisatawan Naik Kereta Api Tinggi

Kompas.com - 29/08/2017, 09:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat masyarakat untuk berlibur saat Hari Raya Idul Adha naik kereta api tercatat tinggi. Hal itu terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit yakni 30 Agustus sampai dengan 1 September 2017.

"Berdasarkan data penjualan tiket tanggal 28 Agustus 2017 sampai pukul 13.00 WIB, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan," kata Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Suprapto dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (28/8/2017).

Menurut Suprapto, ada beberapa kereta api dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen yaitu pada hari Rabu dan Kamis (30-31 Agustus 2017). Kereta tersebut adalah KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Argo Jati dan Cirebon Ekspres tujuan Cirebon, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

"Kecuali Argo Parahyangan tujuan Bandung masih tersisa. Sedangkan untuk KA keberangkatan hari Jumat (1 September) KA Argo Anggrek Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Malam tujuan Yogyakarta, Argo Sindoro jurusan Semarang Tawang, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap yang masih tersisa, dengan okupansi berkisar antara 75-85 persen," ujarnya.

BACA: PT KAI Tambah 7.444 Kursi untuk Masa Libur Idul Adha

Ia menambahkan kereta api dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, keberangkatan hari Rabu dan Kamis (30-31 Agustus 2017) hampir semuanya sudah mencapai 100 persen okupansinya. Kecuali KA Mataram Premium.

Suprapto menyebut tiket yang tersisa hanya di kisaran rata-rata 25 persen dari total tiket yang dijual. Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Jumat (1/9) tinggal KA Mataram Premium, KA Gumarang, KA Gaya Baru Malam Selatan Premium, dan KA Menoreh.

"Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan online tikecting. Pengguna jasa KA bisa melihat langsung ketersediaan tempat duduk melalui situs resmi PT KAI di tiket.kai.id atau melalui chanel-chanel eksternal. Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI," kata Suprapto.

BACA: Sekarang Anda Bisa Naik Kereta Kelas Kepresidenan

Suprapto menyarankan masyarakat agar memastikan pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian, jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com