BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Bango

Daging Kambing Muda Lebih Enak? Tidak Juga...

Kompas.com - 30/08/2017, 19:04 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Daging kambing merupakan salah satu bahan baku yang membutuhkan cara khusus untuk mengolahnya. Hal yang bisa menentukan kenikmatan daging kambing ternyata mulai dari usia kambing.

Usia kambing saat dipotong sangat menentukan kondisi dan cita rasa daging. Banyak yang bilang daging kambing muda akan menghasilkan daging yang enak dan empuk. Apakah benar?

"Sebenarnya konsep daging kambing muda pasti enak itu salah kaprah. Itu bahasa yang lahir dari tradisi kuliner Indonesia," terang chef Haryo Pramoe saat dihubungi KompasTravel, Senin (28/8/2017).

Sate Pak Bagong di Kartasura, Jateng, merendam satenya terlebih dahulu sebelum dibakar. Perpaduan rempah merica, cabe, dan daun salam dalam bumbunya membuat cita rasa pedasnya khas.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Sate Pak Bagong di Kartasura, Jateng, merendam satenya terlebih dahulu sebelum dibakar. Perpaduan rempah merica, cabe, dan daun salam dalam bumbunya membuat cita rasa pedasnya khas.
Menurutnya kambing dan domba muda di bawah satu tahun memang bisa empuk, tapi empuknya seperti karet alias kenyal. Hal tersebut menurutnya tentu tidak bagus untuk dikonsumsi, karena empuk yang enak dikunyah jelas berbeda kenikmatannya dengan kenyal seperti karet.

BACA: Sate Kambing Muda Masyhudi, Langganan Rhoma Irama

Chef Haryo menyebutkan hal tersebut terjadi karena serat-serat dalam otot kambing muda belum sempurna, atau masih dalam tahap pembentukan. Sedangkan untuk menjadi daging yang nikmat, perlu serat yang lengkap dalam otot kambing.

"Usia tepatnya, ternyata seperti yang diperintahkan dalam sunnah Islam menyembelih kambing. Minimal satu tahun untuk kambing, dan enam bulan untuk domba, berlaku untuk semua jenis kelamin," ungkap chef senior Indonesia yang kian mempelajari ilmu sunnah termasuk dalam hal kuliner itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya