BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Bango

Ada Bakso Ikan, Sapi, Ayam... Tapi Mengapa Tak Ada Bakso Kambing?

Kompas.com - 31/08/2017, 09:07 WIB
Bakso mangkuk di Bakso Sumo, Jalan Raya Candi Lontar Surabaya, Jawa Timur. SURYA/SUDARMA ADIBakso mangkuk di Bakso Sumo, Jalan Raya Candi Lontar Surabaya, Jawa Timur.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakso merupakan makanan yang sangat tersohor, mudah ditemui, dan terkenal kelezatannya. Namun pernahkah Anda menikmati bakso kambing?

Padahal kambing sendiri lazim diolah terutama oleh warga daerah Solo, Semarang, Yogyakarta, hingga Jakarta. Namun, bakso dan kambing sepertinya tidak pernah bertemu untuk menjadi sebuah paduan kuliner yang populer di Indonesia.

BACA: Mencicipi Lima Olahan Kambing yang Tersohor di Berbagai Daerah Indonesia

Salah satu chef senior Indonesia, Haryo Pramoe mengatakan bahwa bakso dan daging kambing memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Terutama ketika memengaruhi budaya kuliner di Indonesia.

"Bakso itu adalah tradisi dari China, kambing tradisi Timur Tengah. Keduanya berasal dari kebudayaan berbeda, " ujarnya.

Itu sebabnya olahan kambing lumrah ditemukan di kampung-kampung Arab. Sedangkan mayoritas bakso berasal dari perkampungan China.

Sate buntel di Boemboe Nj. Djie, Sunter, Jakarta Utara.CATUR GUNA Sate buntel di Boemboe Nj. Djie, Sunter, Jakarta Utara.
Meski begitu, ada lokasi di mana kedua budaya tersebut berbaur dan menghasilkan perpaduan kuliner antara bakso dan kambing. Hal tersebut terjadi pasca jalur sutera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada akulturasi dari keduanya di salah satu provinsi muslim China. Berkat jalur sutra di Xinjiang, China," jelasnya.

BACA: Apa Saja Bagian Kambing yang Enak untuk Diolah?

Di sana kambing dimasak oleh masyarakat setempat, dibuat menjadi ragam kuliner yang lazim dikonsumsi masyarakatnya.

"Tapi bicara soal bakso dalam terminologi Eropa, ada bakso kambing dengan nama lamb marrocan meatballs," lanjut Chef Haryo.

Bakso di Eropa yang berbahan dasar daging kambing tersebut dimasak dengan cara dicacah. Lalu diberi bumbu marjoram, bay leaf, oregano, rosemary, telur, sedikit tepung roti, untuk kemudian disiram dengan saus krim.

Di Indonesia sendiri, hidangan seperti itu menurutnya hampir mirip dengan cara mengolah sate buntel khas Solo.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya