Tahun Depan, Penumpang Citilink Bisa Belanja Online di Pesawat

Kompas.com - 31/08/2017, 17:04 WIB
Pesawat Airbus 320 Neo ditarik memasuki Hanggar 4 di Garuda Management Facility, Bandara Soekarno Hatta, Banten, Jumat (24/2/2017). Pesawat Airbus 320 Neo ini adalah pertama kali di Indonesia yang akhirnya dimiliki oleh maskapai penerbangan Citilink. KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOPesawat Airbus 320 Neo ditarik memasuki Hanggar 4 di Garuda Management Facility, Bandara Soekarno Hatta, Banten, Jumat (24/2/2017). Pesawat Airbus 320 Neo ini adalah pertama kali di Indonesia yang akhirnya dimiliki oleh maskapai penerbangan Citilink.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang maskapai Citilink Indonesia bakal bisa berbelanja secara daring di dalam penerbangan pada 2018. Rencana tersebut merupakan kerjasama Citilink Indonesia bersama perusahaan e-commerce, JD.ID.

"Nantinya penumpang mendapatkan kemudahan belanja merchandise Citilink dan produk-produk yang ada di JD.ID. Tak hanya itu, penumpang Citilink juga dapat keuntungan lain yaitu ketika sebelum naik, saat berada, dan setelah mendarat," kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo saat penandatangan nota kesepahaman kolaborasi e-dagang JD.ID dan Citilink Indonesia di Jakarta, Kamis (31/8/2017).

BACA: Citilink Bakal Buka Rute Medan - Yogyakarta dan Makassar - Denpasar

Menurut Juliandra, rencana belanja online di dalam pesawat Citilink termasuk ke dalam fase ketiga perjanjian kerjasama. Juliandra menyebut barang-barang yang dibeli bisa langsung didapatkan di atas pesawat atau setelah pesawat mendarat.

"Barang nanti bisa diantarkan ke bandara ketika mendarat, bisa juga diantar ke tempat penumpang tinggal," jelas Juliandra.

Ia mengatakan program belanja online di dalam pesawat bisa memperkuat bisnis Citilink. Selain itu, lanjut Juliandra, peluang bisnis yang dijajaki Citilink dengan JD.ID telah sesuai dengan bisnis digital.

"Kerjasama ini di semua rute perjalanan. Nanti di fase tiga ini sedang kami kembangkan. Untuk teknologi nanti dibantu oleh JD.ID, dan kami sediakan pelayanan saja," ujar Juliandra.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo bersama Presiden Direktur JD.ID, Zhang Li dan jajaran direksi setelah penandatangan nota kesepahaman di Jakarta, Kamis (31/8/2017).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo bersama Presiden Direktur JD.ID, Zhang Li dan jajaran direksi setelah penandatangan nota kesepahaman di Jakarta, Kamis (31/8/2017).
Presiden Direktur JD.ID, Zhang Li mengatakan kerjasama belanja daring di pesawat ini merupakan kali pertama dilakukan dengan maskapai penerbangan. Ia menyebut kerjasama bersama Citilink Indonesia akan berjalan selama satu tahun.

"Jadi penumpang bisa menikmati layanan belanja di pesawat. Baik nanti diantar ke bandara, rumah, bahkan di atas pesawat," ujar Zhang di kesempatan yang sama.

Adapun ragam kerjasama akan dilaksanakan dalam tiga fase. Fase pertama, penumpang bisa dapat diskon spesial khusus bagi para penumpang Citilink.

BACA: Mulai 28 Juli, Citilink Terbang ke Gorontalo dari Jakarta

Penumpang akan mendapatkan voucer diskon khusus untuk berbelanja di JD.ID jika membeli tiket di situs resmi Citilink Indonesia. Bentuk kerjasama juga berlanjut pada saat inflight dan post-flight.

Untuk pre-flight experience, akan ada halaman khusus yang berisi katalog produk unggulan JD.ID di halaman website JD.ID dan Citilink Indonesia. Untuk post-flight, JD.ID dan Citilink menawarkan program loyalty program dan airport lounge.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X