Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertunda, Karnaval Pesona Danau Toba 2017 Akan Digelar Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 04/09/2017, 18:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karnaval Pesona Danau Toba 2017 akan digelar di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada 9-10 September 2017.

Acara tersebut sebelumnya sempat tertunda karena bersamaan dengan gelaran Akbar Karnaval Kemerdekaan di Bandung dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Persiapan sudah 100 persen, event tahunan ini siap digelar sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan event ini sebagai agenda tahunan untuk memperkokoh persatuan bangsa dan sekaligus membawa Pesona Danau Toba lebih mendunia, dan tentunya kami siap persembahkan untuk para wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir, Ultri Sonlahir Simangunsong, dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (4/9/2017).

BACA: Jokowi Minta Karnaval Pesona Danau Toba Digelar Setiap Tahun

Karnaval Budaya di Balige, lanjut Ultri, akan diikuti peserta karnaval sebanyak 2.000 orang. Ada 500 manghunti tandok (menjunjung tandok) juga peserta karnaval yang bermain trompet sangkakala dan lainnya.

"Angka itu bisa lebih. Tetapi jumlah 2.000 itu sendiri sudah tergolong besar, hampir sama dengan #PesonaJFC2017 Jember Fashion Carnaval di Jawa Timur dan juga Pesona Flower Carnival di Malang," tambah Ultri Simangunsong.

Peserta karnaval membawa tandok beras di kepala dengan memakai ulos Sadum dan kebaya saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di titik awal Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir). Peserta karnaval membawa tandok beras di kepala dengan memakai ulos Sadum dan kebaya saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di titik awal Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

Nantinya, imbuh Ultri, karnaval akan semakin meriah dengan parade perahu berhias lampu warna-warni di Danau Toba. Parade ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 Km dari Soposurung hingga Balerong. Jalur karnaval akan berakhir di  pasar tradisional Balerong, pasar dengan enam bangunan megah berhiaskan ukiran khas Batak Gorda.

"Kemeriahan karnaval juga akan diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa. Perwakilan dari 16 kecamatan dan BUMN/BUMD akan turut dilibatkan untuk menampilkan mobil hias masing-masing," paparnya.

BACA: Ulos dan Tenun Ikat Kepala Warnai Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

 

Selain Parade Karnaval, acara akan dimeriahkan dengan Pesta Hiburan Rakyat yang dipusatkan di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige. Akan ada pula Pameran Produk Kuliner di tempat yang sama.

"Suara lengkingan merdu Jojo Idol juga dipastikan tampil untuk menghibur Jofrenity (sebutan untuk fansnya-red) di tanah kelahirannya," lanjutnya.

Selain Jojo Idol, The Miska, grup yang digawangi oleh Mario Sinambela (gitar), Nathalie Holscher (vokal), Ricky Hutagaol (drum), dan Tety (bass) juga siap menghibur wisatawan yang hadir di Pesona Danau Toba ini.

Masyarakat berteriak histeris saat rombongan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang diikuti Presiden Joko Widodo dari Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Masyarakat berteriak histeris saat rombongan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang diikuti Presiden Joko Widodo dari Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

 

Selain dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya lokal dari karnaval itu, wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitar Danau Toba yang tentunya tak kalah menarik.

Karnaval ini juga dipastikan akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan beserta Ibu Devi Pandjaitan. Selain itu juga direncanakan akan dihadiri Menteri Pariwisata, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, anggota DPR RI dan lainnya.

“Utusan 7 Kabupaten di Kawasan Danau Toba juga akan ikut dalam karnaval,” bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com