Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Tuan Rumah Konser Dunia, Singapura

Kompas.com - 07/09/2017, 08:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pecinta musik di Tanah Air tak ragu merogoh tabungan untuk menonton konser dari penyanyi atau band idaman. Sekalipun konser impian tersebut diselenggarakan di negara tetangga, Singapura.

Singapura memang tuan rumah konser dari musisi kelas wahid dunia. Sebut saja band asal Inggris, Coldplay, yang konser pada Maret 2017. Juga band legendaris Foo Fighters dengan pentolannya Dave Grohl yang tampil belum lama ini di Singapura.

"Waktu konser Coldplay itu sedikitnya 20 persen penonton berasal dari Indonesia," kata Area Director Singapore Tourism Board di Indonesia, Raymond Lim saat ditemui di acara jumpa pers peluncuran slogan baru di Annex Building, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

BACA: Luas Terminal 4 Bandara Changi Singapura Setara 27 Lapangan Bola

Lim mengungkapkan jika keberhasilan Singapura menyelenggarakan konser kelas dunia karena memperhatikan banyak hal. Dimulai dari pra konser, saat konser, dan setelah konser.

"Singapura ini negara hub jadi ada banyak penerbangan. Mudah didatangi oleh negara-negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Thailand. Penontonnya tak cuma lokal," sebut Raymond.

Suasana National Stadium Singapore saat konser Coldplay, Maret 2017.Kompas.com/Silvita Agmasari Suasana National Stadium Singapore saat konser Coldplay, Maret 2017.

Kemudahan membeli tiket konser, akses menuju tempat konser, kualitas infrastruktur (tempat konser), logistik, kru, serta teknisi konser disebtukan Lim menjadi keunggulan Singapura sebagai tuan rumah konser dunia.

BACA: Nuansa India di Jantung Singapura

Lim juga menyebutkan saat konser selesai, penonton juga dimudahkan untuk kembali ke hotel atau masih ingin mencari hiburan dengan penyediaan akses transportasi.

"Kami (Singapura) itu kecil, jadi kami diberkati karena semuanya jadi begitu dekat. Selesai konser bahkan bisa langsung mengambil penerbangan pulang," kata Lim.

Beberapa lokasi konser terkenal di Singapura adalah National Stadium, Singapore Conference Hall, Victoria Theatre, The Star Performing Arts Center, Singapore Indoor Stadium, serta hall yang dikhususkan untuk pertunjukan musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com