6 Kopi Susu Kekinian, Yakin Sudah Coba Semuanya?

Kompas.com - 12/09/2017, 19:05 WIB
Kopi susu Tuku. INSTAGRAM/TUKUKopi susu Tuku.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren es kopi susu disinyalir dimulai dari sebuah toko mungil di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Tuku, begitu nama toko tersebut, ketika sudah booming bahkan sempat disambangi Presiden RI Joko Widodo.

Pada dasarnya, bahan-bahan untuk membuat kopi susu itu sungguh sederhana. Kopi hitam, susu, dan gula aren adalah tiga bahan utama. Meski begitu, kopi susu sederhana itu rupanya disukai banyak orang. Dari situ, menjamurlah kedai-kedai kopi yang menjual kopi susu sebagai minuman signature.

KompasTravel mencicipi beberapa varian kopi susu "kekinian" yang dijual di pasaran sering dipesan secara online. Berikut daftarnya, Anda bisa mencobanya sendiri jika penasaran. 

1. Es Kopi Susu Tetangga

Es Kopi Susu Tetangga adalah nama minuman signature dari Tuku. Kedai kopi ini sekarang memiliki gerai di Jalan Cipete Raya dan Pasar Santa.

Kopi susu ini terdiri dari campuran kopi, susu, dan gula aren. Secara keseluruhan rasa kopi susu ini segar, tidak terlalu manis, dengan rasa pahit kopi yang masih "nendang" pada bagian akhir.

Harganya yang cukup terjangkau sepertinya menjadi benchmark bagi kedai kopi lainnya. Segelas Es Kopi Susu Tetangga dihargai Rp 18.000 saja.

2. Kopi Cuan Tulen

Kopi Cuan adalah nama kedai yang berlokasi di Pasar Minggu. Ada beberapa varian kopi populer seperti Kopi Cuan Tulen, Kopi Cuan Ngerum, dan Kopi Cuan Soklat.

Kopi Cuan Tulen menjadi favorit. Rasanya tidak terlalu manis, namun ada sedikit rasa asam dari kopi. Harganya sama dengan Es Kopi Susu Tetangga, yakni Rp 18.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X