Kompas.com - 12/09/2017, 20:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.COM - Baru-baru ini sebuah perusahaan cokelat besar asal Swiss menemukan formulasi cokelat baru. Sebelumnya hanya ada tiga jenis cokelat yakni dark, milk, dan white. Namun cokelat varian baru ini berwarna pink dan memiliki rasa yang khas.

Perusahaan cokelat tersebut ialah Barry Callebaut, dan varian barunya bernama ruby chocolate. Mereka menemukan varian cokelat baru setelah white chocolate pertama kali dikeluarkan tahun 1930-an oleh Nestle.

Berbeda dengan pendahulunya dark chocolate yang memiliki rasa manis pahit, lalu cokelat putih dan cokelat susu yang amat manis, ruby chocolate hadir dengan sedikit rasa asam buah berry.

BACA: Cokelat Pedas, Asin, sampai Menyegarkan... Berani Coba?

Cokelat ini diberi nama ruby karena menggunakan biji cocoa ruby yang berasal dari Pantai Gading, Ekuador, dan Brasil. Biji cokelat khusus tersebut diolah dengan teknik alami sehingga menghasilkan rasa berry dan kelezatan asam manis yang pas.

Tak hanya rasanya yang khas, warna merah mudanya yang unik juga dihasilkan karena proses alami. Jadi baik rasa dan warnanya berasal dari proses alamiah biji kakao tersebut, tanpa ada tambahan zat di dalamnya.

Cokelat ruby yang ditemukan produsen coklat besar asal Swiss ini memiliki warna yang eksotik, serta rasa yang unik, berbeda dari tiga varian cokelat sebelumnya.Barry Callebaut Cokelat ruby yang ditemukan produsen coklat besar asal Swiss ini memiliki warna yang eksotik, serta rasa yang unik, berbeda dari tiga varian cokelat sebelumnya.
Angus Kennedy, seorang pakar industri mengatakan kepada situs berita The Sun bahwa ini merupakan hal yang berbeda dan terobosan yang cerdas.

"Rasa cokelatnya fruity, menyegarkan, dan memiliki tekstur yang creamy. Anda mungkin tidak menyadari sedang memakan cokelat, karena amat berbeda dari cokelat yang konvensional biasa," ujarnya.

BACA: Pernah Makan Cokelat Rasa Cerutu Kuba?

Ahli cokelat Inggris, Dom Ramsey mengatakan kepada The Independent bahwa dia "sangsi" terhadap klaim jenis cokelat keempat tersebut.

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.