Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tempat Terbaik Melihat "Sunrise" di Sukabumi?

Kompas.com - 13/09/2017, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Puncak Habibie adalah jalan tertinggi yang menghubungkan Sukabumi (Jawa Barat) dengan Kabupaten Lebak (Banten). Lokasi tepatnya adalah di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Pelabuhan Ratu. 

Puncak ini berada di ketinggian sekitar 380 mdpl. Tempat ini disebut-sebut menjadi spot terbaik menikmati sunrise di Sukabumi. Panoramanya langsung menuju lautan biru. Kapal nelayan yang hilir-mudik di teluk Ujunggenteng juga tampak sangat jelas. 

Meski jarak antara Palabuhan Ratu dan Puncak Habibie hanya sekitar 18 kilometer dan bisa ditempuh dalam 30 menit, para "pemburu" matahari terbit umumnya berangkat dari Palabuhan Ratu pukul 03.30 WIB agar tak ketinggalan momen. 

Asep (33), salah seorang pemilik warung di Puncak Habibie, mengatakan ada banyak versi tentang nama Puncak Habibie.

Sebagian mengatakan penamaan itu karena presiden ketiga RI, BJ Habibie, memiliki lahan dan vila di daerah tersebut.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa nama itu dipakai karena di tempat itu terdapat kantor Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), yang kini menjadi PT Dirgantara Indonesia (DI).

"Saya enggak tahu yang benar itu yang mana, cuma dari dulu, orang menyebut tempat ini sebagai Puncak Habibie atau Bukit Habibie," ujarnya di warung miliknya di Puncak Habibie, Minggu (27/8). 

Artikel ini dikutip dari Tribun Jabar dengan judul "Indahnya Pemandangan dari Puncak Habibie, Surga Para Pemburu Matahari Terbit"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com