Kompas.com - 13/09/2017, 20:02 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BANTEN, KOMPAS.com - Ikon-ikon pariwisata yaitu Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang Kulit yang tergambar di badan pesawat AirAsia Indonesia dinilai representatif untuk mewakili pariwisata Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Rifai Taberi.

"Kenapa milih ikon itu? Itu lebih ke kreatif kita melihat yang lumayan ikonik untuk Indonesia apa. Kita lihat tren Gunung Bromo lumayan disukai oleh wisatawan Thailand dan India," kata Rifai seusai acara peresmian pesawat bercorak pariwisata Indonesia di Garuda Maintainance Facilities, Banten, Rabu (13/9/2017).

BACA: Ikon Pariwisata Indonesia Hiasi Pesawat AirAsia Indonesia

Ia mengatakan ikon Gunung Bromo di pesawat AirAsia Indonesia bisa mewakili keberadaan gunung tersebut. Soalnya, Thailand sendiri tak memiliki gunung berapi seperti di Indonesia.

"Kalau Candi Borobudur itu masuk tujuh keajaiban dunia. Sudah pasti jadi ikon yang harus kami munculkan," jelasnya.

Untuk ikon wayang juga menjadi bagian seni dan budaya Indonesia yang dihadirkan oleh AirAsia Indonesia.

Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Rifai menambahkan pesawat AirAsia Indonesia bercorak ikon-ikon pariwisata Indonesia akan digunakan di rute-rute penerbangan domestik dan internasional.

Adapun ikon pariwisata Indonesia di badan pesawat AirAsia Indonesia yaitu Gunung Bromo, Candi Borobudur, wayang kulit, serta logo Wonderful Indonesia. Ikon tersebut menghiasi badan pesawat (livery) AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320-200.

Pesawat beregistrasi PK-AXV dengan ilustrasi ikon pariwisata Indonesia itu sudah mulai beroperasi pada 6 September 2017.

Acara peresmian pesawat bercorak ikon pariwisata Indonesia milik AirAsia Indonesia dihadiri oleh Chief Executive Officer AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan; Staf Khusus Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata, Judi Rifajantoro; Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso; dan Senior Vice President Marketing & Business Development Garuda Maintainance Facilities AeroAsia, Leonardus Andriyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.