Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rute Wisata Kuliner di Solo, Tiga Hari Penuh!

Kompas.com - 15/09/2017, 21:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata kuliner di Solo, Jawa Tengah, seperti tak ada habisnya. Ada banyak hidangan otentik di kota kelahiran Presiden RI Joko Widodo ini.

Kabar gembiranya, berwisata kuliner di Solo tak akan menguras kantong. Rasa yang enak dan harga bersahabat memang menjadi daya tarik wisata kuliner di Solo.

KompasTravel merangkum rute wisata kuliner di Solo, Jawa Tengah. Beberapa di antaranya termasuk dalam program "Mamam Yuk Edisi Spesial Solo dan Grebeg Besar" yang akan tayang sebentar lagi di Kompas.com. Berikut rute wisata kuliner selama tiga hari penuh di Solo.

HARI 1

Sarapan

Sebelum memulai aktivitas, mari menyantap hidangan sarapan khas masyarakat Solo yakni pecel ndeso dan cambuk rambak. Nasi pecel di Solo terdiri dari nasi putih yang diberi aneka sayur seperti bayam, daun singkong, daun pepaya, jantung pisang, daun kemangi, tauge, telur, dan kemudian disiram sambal hitam wijen.

Sedangkan cabuk rambak adalah lontong yang diiris tipis-tipis kemudian disiram saus wijen yag dicampur bumbu khusus lainnya. Kedua hidangan ini disantap dengan kerupuk karak.

Tak sulit menemukan dua hidangan ini di pagi hari, biasa ada di pinggir jalan dengan lapak semi permane. Atau jika melihat ibu-ibu berjongkok dan dikerumuni orang, itulah penjual pecel ndeso. Kisaran harga pecel ndeso dan cabuk rambak adalah Rp 5.000.

Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.KOMPAS.COM/FIRA ISROFILLAH Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.

Makan Siang

Mari ke daerah Lojiwetan, tepatnya ke lokasi Rumah Makan Sate Buntel Bu Hj Bejo. Patokannya, rumah makan ini tidak berada di Jalan Besar agak masuk sedikit ke daerah perumahan.

Sate buntel adalah daging kambing cincang dibungkus (dibuntel) oleh lemak kambing dan kemudian dibakar. Rasanya jangan ditanya, Jokowi bahkan menjadi langganan setia. Satu porsi dengan ukuran sate cukup besar dihargai Rp 35.000.

Makan Malam

Penasaran dengan rasa steik khas Solo? Melajulah ke Jalan Yos Sudarso. Disana ada Bestik Harjo dan Bestik Pak Pur. Bestik tidak seperti steik yang dimasak dengan cara dibakar. Bestik dimasak dengan cara ditumis dengan kuah yang manis dan gurih.

Selain daging sapi, pilihan lain adalah lidah, brutu ayam, hati, ampela, dan uritan (bakal telur). Harga bestik berkisar Rp 20.000- Rp 30.000 tergantung pemilihan bahan untuk bestik. Bestik identik dengan hidangan malam hari.

HARI 2

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com