Kompas.com - 15/09/2017, 21:03 WIB
Ini namanya Lenjongan, terdiri dari beberapa macam jajanan, yakni tiwul, ketan ireng, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon. TRIBUNSOLO.COM/BAYU ARDI ISNANTOIni namanya Lenjongan, terdiri dari beberapa macam jajanan, yakni tiwul, ketan ireng, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata kuliner di Solo, Jawa Tengah, seperti tak ada habisnya. Ada banyak hidangan otentik di kota kelahiran Presiden RI Joko Widodo ini.

Kabar gembiranya, berwisata kuliner di Solo tak akan menguras kantong. Rasa yang enak dan harga bersahabat memang menjadi daya tarik wisata kuliner di Solo.

KompasTravel merangkum rute wisata kuliner di Solo, Jawa Tengah. Beberapa di antaranya termasuk dalam program "Mamam Yuk Edisi Spesial Solo dan Grebeg Besar" yang akan tayang sebentar lagi di Kompas.com. Berikut rute wisata kuliner selama tiga hari penuh di Solo.

HARI 1

Sarapan

Sebelum memulai aktivitas, mari menyantap hidangan sarapan khas masyarakat Solo yakni pecel ndeso dan cambuk rambak. Nasi pecel di Solo terdiri dari nasi putih yang diberi aneka sayur seperti bayam, daun singkong, daun pepaya, jantung pisang, daun kemangi, tauge, telur, dan kemudian disiram sambal hitam wijen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan cabuk rambak adalah lontong yang diiris tipis-tipis kemudian disiram saus wijen yag dicampur bumbu khusus lainnya. Kedua hidangan ini disantap dengan kerupuk karak.

Tak sulit menemukan dua hidangan ini di pagi hari, biasa ada di pinggir jalan dengan lapak semi permane. Atau jika melihat ibu-ibu berjongkok dan dikerumuni orang, itulah penjual pecel ndeso. Kisaran harga pecel ndeso dan cabuk rambak adalah Rp 5.000.

Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.KOMPAS.COM/FIRA ISROFILLAH Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.

Makan Siang

Mari ke daerah Lojiwetan, tepatnya ke lokasi Rumah Makan Sate Buntel Bu Hj Bejo. Patokannya, rumah makan ini tidak berada di Jalan Besar agak masuk sedikit ke daerah perumahan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.