Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rhenald: Kemenangan di UNWTO Makin Tingkatkan Eksistensi Pariwisata RI

Kompas.com - 16/09/2017, 08:36 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akademisi dan praktisi bisnis, Rhenald Kasali mengatakan kemenangan video pariwisata Indonesia dalam ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) 2017 akan semakin meningkatkan eksistensi pariwisata di kancah pasar pariwisata dunia.

"Indonesia tengah menjadi perhatian dunia karena sejumlah hal (yaitu) negara dengan banyak hal yang masuk kategori improving mulai dari airlines, airport, jaringan internet, infrastruktur publik, sampai pada produk-produk pariwisata," kata Rhenald dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Jumat (15/9/2017).

(BACA: Bangga! Indonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO)

Menurutnya, efek dari perhatian tersebut juga berpengaruh dalam industri Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE). Wisatawan dunia, lanjut Rhenald, bisa memilih Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan MICE.

"Perhatian itu dapat menggeser minat para pelancong dunia, khususnya MICE dari negara-negara konvensional yang sudah lebih dahulu dikenal (Singapura, Thailand dan Malaysia) untuk menggunakan Indonesia sebagai tempat pelaksanaan MICE," jelasnya.

(BACA: 16 Bus Wonderful Indonesia Mondar-mandir di Paris)

Ia menyebut penghargaan ini menunjukkan bahwa Indonesia telah masuk dalam radar para pelancong dunia. Hal itu terasa setelah Indonesia juga mendapat julukan sebagai salah satu negara dengan prmandangan terindah dunia, hotel terindah, dan sebutan lain.

"Keempat, ini dapat memicu datangnya para pioneer untuk semakin memperkenalkan daerah-daerah wisata baru Indonesia yang dikenal dunia seperti Banyuwangi, Kerinci, NTT, dan lain-lain," tambah Rhenald.

Barong Ider Bumi yang digelar di Desa Kemiren Senin (26/6/2017)KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Barong Ider Bumi yang digelar di Desa Kemiren Senin (26/6/2017)
Dampak lain pasca-kemenangan video pariwisata Indonesia adalah pariwisata bisa terpacu lebih kuat. Hal itu dilakukan sebagai langkah penciptaan lapangan kerja.

UNWTO telah mengumumkan pemenang-pemenang video pariwisata dalam ajang UNWTO Video Competition 2017. Indonesia adalah salah satu negara yang menyabet dua penghargaan video pariwisata di kategori wilayah Asia Timur dan Pasific serta "People Choice Award".

Pengumuman penghargaan dilakukan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, China.

Video pariwisata Indonesia yang maju dalam kompetisi UNWTO Video Competition 2017.berjudul “Wonderful Indonesia: The Journey to A Wonderful Indonesia”.

Video pariwisata Indonesia menampilkan berbagai keindahan destinasi pariwisata Indonesia seperti Yogyakarta, Bali, Jakarta, Lombok, Toraja, Raja Ampat serta Wakatobi, dengan latar belakang lagu berjudul What A Wonderful World by Louis Armstrong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com