Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Sepeda Tour de Banyuwangi-Ijen Digelar 26-30 September 2017

Kompas.com - 19/09/2017, 08:12 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara wisata olahraga (sport tourism) International Tour de Banyuwangi - Ijen (ITdBI) 2017 bakal digelar pada 26-30 September 2017. Acara balap sepeda yang telah diakui Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) ini memasuki penyelenggaraan tahun keenam.

"International Tour de Banyuwangi Ijen ini ada 29 negara yang ikut. Ada 15 tim dari mancanegara, 4 dari dalam negeri. Lima benua terwakili semua," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam jumpa pers "ITdBI 2017" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kemenpar, Senin (18/9/2017).

(BACA: Begini Rasanya Naik Taksi Manusia di Gunung Ijen)

Ia mengatakan ITdBI bukan sekadar acara sport tourism. Anas mengatakan agenda ini mendorong koordinasi antar-camat. "International Tour de Banyuwangi Ijen ini mengubah budaya masyarakat," kata Anas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan penyelenggaraan acara sport tourism seperti ITdBI berdampak lebih besar dari sisi media value. Ia tak menampik kecilnya dampak acara sport tourism.

(BACA: Kisah Sopir Taksi di Jalur Pendakian Gunung Ijen)

"Rata-rata pendapatan sport event itu 60 persen dari iklan, 30 persen dari tiket dan 10 persen dari jualan aksesoris. Orang memasang iklan di sport tourism ini karena media value-nya yang tinggi," ujarnya.

Para pebalap sepeda ITdBI 2017 akan berpacu dalam empat etape sepanjang 533 kilometer. Pesepeda melewati rute yang menyusuri alam Banyuwangi mulai dari susur sungai dan pantai, melintasi perkebunan, hingga menikmati pusat Kota Banyuwangi.

Pada etape ketiga para pebalap akan finish di Gunung Ijen. International Tour de Banyuwangi Ijen adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin UCI.

Ajang ini masuk kategori 2.2 dan sudah diselenggarakan sejak sejak 2012.  ITdBI telah mendapatkan peringkat ”excellent" dari UCI. Ini menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com