Kompas.com - 19/09/2017, 08:12 WIB
Para pebalap yang mengikuti Banyuwangi Tour de Ijen melintasi medan dengan pemandangan alam yang indah. BTDIPara pebalap yang mengikuti Banyuwangi Tour de Ijen melintasi medan dengan pemandangan alam yang indah.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara wisata olahraga (sport tourism) International Tour de Banyuwangi - Ijen (ITdBI) 2017 bakal digelar pada 26-30 September 2017. Acara balap sepeda yang telah diakui Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) ini memasuki penyelenggaraan tahun keenam.

"International Tour de Banyuwangi Ijen ini ada 29 negara yang ikut. Ada 15 tim dari mancanegara, 4 dari dalam negeri. Lima benua terwakili semua," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam jumpa pers "ITdBI 2017" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kemenpar, Senin (18/9/2017).

(BACA: Begini Rasanya Naik Taksi Manusia di Gunung Ijen)

Ia mengatakan ITdBI bukan sekadar acara sport tourism. Anas mengatakan agenda ini mendorong koordinasi antar-camat. "International Tour de Banyuwangi Ijen ini mengubah budaya masyarakat," kata Anas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan penyelenggaraan acara sport tourism seperti ITdBI berdampak lebih besar dari sisi media value. Ia tak menampik kecilnya dampak acara sport tourism.

(BACA: Kisah Sopir Taksi di Jalur Pendakian Gunung Ijen)

"Rata-rata pendapatan sport event itu 60 persen dari iklan, 30 persen dari tiket dan 10 persen dari jualan aksesoris. Orang memasang iklan di sport tourism ini karena media value-nya yang tinggi," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pebalap sepeda ITdBI 2017 akan berpacu dalam empat etape sepanjang 533 kilometer. Pesepeda melewati rute yang menyusuri alam Banyuwangi mulai dari susur sungai dan pantai, melintasi perkebunan, hingga menikmati pusat Kota Banyuwangi.

Pada etape ketiga para pebalap akan finish di Gunung Ijen. International Tour de Banyuwangi Ijen adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin UCI.

Ajang ini masuk kategori 2.2 dan sudah diselenggarakan sejak sejak 2012.  ITdBI telah mendapatkan peringkat ”excellent" dari UCI. Ini menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.