Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Wisata Ahok, Jangan Lupa Belanja Oleh-oleh Khas Betawi

Kompas.com - 19/09/2017, 13:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada berbagai warisan yang menjadi obyek wisata semenjak menjabatnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Salah satu yang harus Anda sambangi ialah Betawi Store yang dicetuskan Ahok saat masa jabatannya.

Betawi Store merupakan sebuah miniatur rumah betawi yang juga menjual aneka barang-barang khas Betawi. Tentunya bisa menjadi oleh-oleh Anda setelah berkunjung ke Jakarta, ataupun untuk mengenalkan budaya Betawi ke masyarakat lain. Rumah ini berada di kawasan Monas, di dalam area Lenggang Jakarta.

(BACA: Inilah Sayur Asem Betawi Paling Laris dan Legendaris di Tangsel)

"Semua yang dijual di sini tentang Betawi, dan yang jual pun masyarakat langsung dari Jakarta maupun dari luar, tapi wajib lulus seleksi di sini," ujar Aria, salah satu karyawan di Betawi Store ini kepada KompasTravel saat kunjungan Wisata Warisan Ahok, Sabtu (16/9/2017).

Ia merekomendasikan beberapa barang yang wajib dibeli menjadi oelah-oleh khas Betawi, berikut dirangkum KompasTravel:

1. Aneka bir pletok

Minuman khas betawi sejak masa kolonial ini menjadi simbol perayaan hari-hari besar bagi orang Betawi. Citarasanya yang manis sedikit pedas begitu khas sebagai minuman asli daerah.

(BACA: Serunya Menelusuri Wisata Warisan Ahok di Jakarta)

Di Betawi Store ini tersedia berbagai macam ukuran bir pletok siap minum, mulai 150 ml seharga Rp 10.000 sampai 350 ml seharga Rp 25.000. Ada juga yang berbentuk serbuk siap seduh, Rp 20.000 per box.

Bir pletok instan, menjadi salah satu oleh-oleh Jakarta di Betawi Store yang menjadi favorit wisatawan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bir pletok instan, menjadi salah satu oleh-oleh Jakarta di Betawi Store yang menjadi favorit wisatawan.
2. Serba Ondel-ondel

Salah satu simbol identitas Betawi yang satu ini juga bisa Anda koleksi. Di Betawi Store ini, ondel-ondel dibuat menjadi berbagai bentu, mulai boneka yang lucu, topeng, miniatur, hingga gantungan kunci.

Souvenir gantungan kunci ondel-ondel dijual mulai Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Sedangkan untuk miniatur dan boneka setinggi 20 centimeter, seharga Rp 80.000. Selain itu berbagai jenis topeng ondel-ondel yang bisa dipajang Rp 300.000.

Oleh-oleh Jakarta di Betawi Store.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Oleh-oleh Jakarta di Betawi Store.
3. Camilan

Camilan juga menjadi hal wajib yang bisa Anda bawa pulang untuk dibagikan ke sanak saudara. Camilan terkenal khas Betawi antara lain, kembang goyang Rp 20.000, dodol betawi Rp 10.000, dan biji ketapang Rp 20.000.

4. Pakaian khas Betawi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com