Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita Rasa Kuliner Lokal, Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Kompas.com - 19/09/2017, 20:02 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekayaan kuliner khas Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. I Gde Pitana selaku Deputi Bidang Pengembangangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (BP3M) Kementerian Pariwisata menekankan betapa pentingnya perananan kuliner, baik untuk diplomasi budaya hingga ekonomi.

“Kita perlu mengetahui pentingnya peranan wisata kuliner dan belanja yang berkontribusi dalam menciptakan 15 juta lapangan kerja, Rp 120 trilliun devisa, dan 20 juta wisman,” tutur Pitana dalam workshop "Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja dalam Tingkatan Kunjungan Wisman" yang digelar di Santika Premiere Hayam Wuruk, Selasa (19/10/2017).

BACA: Rendang dan Nasi Goreng Sabet Predikat Makanan Terenak di Dunia

Pitana juga menyampaikan bahwa hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Indonesia selalu menyempatkan untuk berwisata kuliner.

Strategi pemasaran pun dilakukan melalui pendekatan Destination, Original dan Time (DOT). Pitana menekankan perlunya penyusunan strategi pemasaran yang unik dan spesifik untuk masing-masing segmen.

Akses, spot wisata, hingga perilaku wisatawan adalah beberapa hal yang perlu dipantau. Melalui strategi pemasaran ini, diharapkan dapat meningkatkan interest para wisman untuk berwisata kuliner dan belanja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com