Rayakan Hari Badak Internasional, 4 Anak Badak Jawa Diberi Nama

Kompas.com - 23/09/2017, 13:05 WIB
Pembukaan peringatan Hari Badak Internasional 2017 di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (22/9/2017), oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Wiratno.
KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPembukaan peringatan Hari Badak Internasional 2017 di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (22/9/2017), oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Wiratno.
|
EditorI Made Asdhiana

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Merayakan Hari Badak Internasional 2017, para stake holder, puluhan komunitas, LSM, hingga masyarakat berkumpul di Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (22/9/2017).

Mereka melakukan aksi-aksi sosial, memaparkan fakta badak jawa, hingga memberi nama empat Badak Jawa baru.

"Ya, kini mulai 2016 Badak Jawa punya keluarga baru, total ada empat, dua jantan dua betina," kata Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTN UK), Mamat Rahmat kepada KompasTravel saat acara tersebut.

(BACA: Souvenir Badak, Harapan Baru Ujung Kulon)

Keempat anak badak itu, diberi nama Prabu, dan Manggala untuk yang jantan. Lalu Irna, dan Mayang untuk yang betina.

Keempat nama tersebut disahkan langsung oleh Wiratno, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Ini menjadi berita gembira dan penyemangat konservasi ditengah upaya pelestarian badak Jawa," ungkap Wiratno saat meresmikan nama-nama tersebut, Jumat (22/9/2017).

(BACA: Cocok untuk Akhir Pekan, Wisata Petualangan Tiga Hari di Ujung Kulon)

Ia dan pihak BTN UK mengatakan nama tersebut didapat dari hasil musyawarah para komunitas peduli badak, dan stake holder, termasuk balai taman nasional.

Deklarasi Hari Badak Sedunia 2017 di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (22/9/2017).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Deklarasi Hari Badak Sedunia 2017 di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (22/9/2017).
Tak hanya menyematkan nama tersebut, dalam acara itu juga banyak aksi sosial, deklarasi kepedulian, hingga paparan terkini kondisi Badak Indonesia. Salah satunya WWF menyumbangkan 121 camera trap untuk dialokasikan ke dalam BTN UK.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X