Tak Perlu Bingung Cari Penginapan di Dekat Borobudur...

Kompas.com - 24/09/2017, 19:03 WIB
Candi Borobudur KOMPAS.COM/AMIR SODIKINCandi Borobudur
|
EditorSri Anindiati Nursastri

MAGELANG, KOMPAS.com - Wisatawan tidak perlu bingung jika ingin berlama-lama tinggal di dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Saat ini sudah tersedia banyak rumah tinggal atau homestay yang dibangun oleh masyarakat di sekitar cagar budaya dunia itu.

Salah satunya adalah kampung homestay di Dusun Ngaran II, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang berjarak tidak lebih dari 1 kilometer dari Komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) ke arah selatan.

Akses ke kampung ini bisa dijangkau dengan naik delman/dokar, sepeda kayuh, sepeda motor, mobil, atau cukup berjalan kaki sembari menikmati alam Desa Borobudur. Hampir semua rumah warga menyediakan homestay dengan fasilitas beragam.

BACA: Mengapa Jumlah Wisman di Candi Borobudur Kalah Jauh dengan Angkor Wat?

 

Kampung ini menjawab keinginan wisatawan yang ingin menikmati banyak hal di sekitar candi Borobudur. Muslih, Ketua Paguyuban Kampung Homestay Ngaran II, menyebut ada 25 homestay di kampung ini dengan total kamar 75 unit. Semua dibangun atas kesadaran pentingnya melayani wisatawan Candi Borobudur agar mereka lebih lama tinggal.

"Awalnya kami hanya menyediakan ojek saja, sementara wisatawan sering kesulitan kalau menginap. Kami menangkap peluang itu, kami berinisiatif menyediakan kamar untuk disewakan," kata Muslih saat ditemui di sela peresmian kampung Homestay Ngaran II, Borobudur, Sabtu (23/9/2017).

Lambat laun, homestay di kampung tersebut banyak peminat. Warga pun terus melakukan pengembangan dengan berbagai fasilitas tambahan. Menurutnya, wisatawan saat ini tidak hanya ingin sekadar menginap tetapi juga mendapat edukasi, mengenal budaya setempat dan berbaur dengan masyarakat.

"Kami hadir menjawab kebutuhan wisatawan. Mereka bisa ikut berinteraksi dengan induk semang (pemilik homestay), boleh ikut memasak, bahkan mandi di sungai, beraktivitas di sawah, membuah gerabah, naik delman, dan sebagainya," tutur Muslih.

Salah satu homestay di kampung Ngaran II Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (23/972017).Kompas.com/Ika Fitriana Salah satu homestay di kampung Ngaran II Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (23/972017).

 

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, berkisar antara Rp 75.000 - Rp 600.000 per kamar. Wisatawan juga bisa menyewa seluruh rumah dengan harga Rp 300.000 - Rp 1 juta per unit.

Pilihan tergantung fasilitas yang diinginkan, misalnya kamar dengan AC, WiFi, air panas, dan sebagainya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X