Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Perancis Serbu Rendang di Pameran Gastronomi Paris

Kompas.com - 25/09/2017, 19:04 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Pengunjung pameran kuliner Village International de la Gastronomie (VIG) "menyerbu" rendang khas Indonesia. Pameran yang berlangsung pada 22-24 September  2017 tersebut merupakan merupakan edisi ketujuh dari acara Fête de la Gastronomie, salah satu proyek dari Kementerian Ekonomi dan Keuangan Perancis.

Acara ini berlangsung di tengah Kota Paris, di pinggir sungai Seine tepatnya Port du Gros Caillou, Perancis. Tahun ini merupakan kali pertama Indonesia yang diwakili VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) Perancis berpartisipasi dalam acara tersebut.

"Tahun ini total visitors sekitar 40.000 orang yang ke VIG. Yang datang banyak orang Perancis dan juga turis internasional," kata Eka Moncarre, Country Manager Vito Perancis kepada KompasTravel, Senin (25/9/2017).

BACA: Rendang dan Nasi Goreng Sabet Predikat Makanan Terenak di Dunia

Eka menuturkan hampir semua pengunjung mampir ke stan Indonesia. Ia mengaku dari semua hidangan Indonesia yang ada, rendang yang paling dinikmati. Antrean bahkan terjadi di area rendang. 

"Sampai ada yang datang khusus untuk cari rendang," kata Eka. 

Turis Perancis mencicipi rendang khas Indonesia.Eka Moncarre/VITO Perancis Turis Perancis mencicipi rendang khas Indonesia.

Dalam papan informasi maupun presentasi, pihak VITO Perancis menginformasikan bahwa rendang terpilih sebagai makanan nomor satu di dunia versi  CNN. Eka menuturkan para pengunjung menyukai rendang.

"Mereka suka sekali dan sangat tasty," tutur Eka.

Eka menjelaskan bahwa rendang yang disajikan sengaja diberi kuah bumbunya lebih banyak. Sebab, lanjutnya, orang Perancis lebih suka yang tidak terlalu kering. Juru masaknya sendiri, menurut Eka, adalah orang Indonesia yang menetap di Perancis. 

BACA: Jadi Makanan Terenak di Dunia, Ini Dia 8 Jenis Rendang

Bersama dengan 50 negara lainnya, VITO France dan rekan-rekannya di Perancis mempersembahkan beberapa aktivitas dalam rangka mempromosikan Wonderful Indonesia, kuliner Indonesia, budaya Indonesia yaitu pentas tari tradisional, demo pijat khas Bali, hingga demo pencak silat.

Sementara itu, kuliner yang disajikan antara lain rendang, sate ayam, nasi goreng, bakmi goreng, nasi kuning, dan jajanan pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com