Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Panda Juga Suka Cake

Kompas.com - 26/09/2017, 09:04 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

WOLONG, KOMPAS.com - Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan bisa melihat panda raksasa di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Jawa Barat, seiring dengan kedatangan sepasang hewan lucu ini dari China, Kamis (28/9/2017).

Siapa sangka selain makan bambu, baik dahan maupun daunnya, hewan soliter ini ternyata hobi makan kue.

(BACA: Presiden RI dan Presiden China Akan Resmikan Panda di Taman Safari)

Hal ini disampaikan Suwanto, karyawan Taman Safari Indonesia yang bertugas menjadi keeper (pengasuh) panda.

Menurut Suwanto yang sudah belajar mengasuh panda sejak beberapa tahun lalu ini, dalam sehari panda bisa memakan 30 kilogram bambu sehari per ekor. "Yang lainnya, dia makan apel, wortel, dan cake," ujar dia di Wolong, Senin (25/9/2017).

(BACA: Boyong Panda dari China, Garuda Indonesia Ubah Rute Penerbangan)

Kue untuk panda ini, sebut dia, antara lain terbuat dari tepung jagung, atau tepun beras, kedelai, kalsium, dan telur.

Suwanto sudah berada di Wolong Panda Base selama sebulan lebih untuk mendampingi Cai Tao dan Hu Chun yang akan dikirim ke Indonesia ini.

Panda yang akan dijemput ke Indonesia di Wolong Panda Base.TAMAN SAFARI INDONESIA Panda yang akan dijemput ke Indonesia di Wolong Panda Base.
Dia menyebutkan, di karantina pusat konservasi panda ini, keduanya mempunyai jadwal makan sehari empat kali. Yakni jam 09.30, 11.30, 14.30 dan 16.30. "Cake panda sekali ngasihnya 200 gram. Sehari 4 kali cake. Kalau bambu ada terus," ujar dia.

Seperti diberitakan, China melalui Wolong Panda Base, yang merupakan anggota China Conservation and Research Center for the Giant Panda (CCRCGP), memberikan pinjaman sepasang panda bagi Indonesia. Rencananya 28 September ini kedua ekor panda itu akan tiba di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com