Kompas.com - 27/09/2017, 08:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar tentang happiest animal on earth alias hewan paling bahagia di dunia? Predikat itu diraih oleh Quokka, hewan endemik Australia yang hanya ada di Pulau Rottnest. Pulau ini berjarak 19 Km dari Kota Fremantle, Australia Barat.

Untuk dapat mencapai pulau ini, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif transportasi mulai dari kapal feri, kapal pribadi, hingga pesawat yang tentu saja harus merogoh kocek lebih dalam. Jika Anda memulai perjalanan dari Fremantle menggunakan feri, perjalanan yang ditempuh menuju Pulau Rottnest memakan waktu kurang lebih 15 – 25 menit.  

BACA: Australia Barat yang Ramah Terhadap Wisatawan Muslim...

Setelah sampai di dermaga Pulau Rottnest, Anda akan langsung disambut oleh hamparan laut biru berpasir putih yang langsung menarik perhatian. Di titik ini, Anda belum akan menemukan Quokka berkeliaran. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki selama lima menit menuju pusat kota di Pulau Rottnest. Seketika, pandangan Anda akan langsung dihamburi oleh Quokka yang berkeliaran di sekitar.

Hamparan laut yang menyabut Anda saat pertama kali menginjak pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Hamparan laut yang menyabut Anda saat pertama kali menginjak pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)
 Jika datang ke sini pada bulan September, Anda beruntung karena inilah musim di mana Quokka berkembang biak. Anda akan menemukan banyak sekali anak Quokka berkeliaran, hingga penampakan Quokka yang sedang mengendong anaknya di kantung perut mereka.

Namun ada  satu hal yang perlu Anda ingat jika berkunjung ke Pulau Rottnest. Anda dilarang keras untuk menyentuh atau memberi makan binatang Quokka karena terkait populasinya yang semakin menurun.  Jika Anda ketahuan memegang binatang mungil ini, kemungkinan besar Anda akan dikenakan denda sebesar 300 AUD.

 

Anak Quokka di pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Anak Quokka di pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)

Salah seorang pengelola Pulau Rottnest mengatakan bahwa September merupakan musiman Quokka untuk berkembang biak. Selain musim peranakan Quokka, ternyata bulan September juga merupakan musim para paus bermigrasi. Jika beruntung, Anda akan melihat segerombolan paus yang sedang melintasi Samudra Hindia.

 

Spot untuk melihat migrasi paus di area West End,  pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Spot untuk melihat migrasi paus di area West End, pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)

Pulau Rottnest sangatlah berbukit. Bagi Anda yang ingin mengelilingi pulau ini menggunakan sepeda, dibutuhkan waktu dua sampai lima jam untuk mengelilingi seluruh pulau. Namun semua kembali pada tingkat kebugaran Anda dan jumlah pemberhentian.

Rute perjalananan akan dibagi menjadi dua, yaitu jalur pendek sepanjang 18 km dan jalur panjang sepanjang 24 km. Namun jangan khwatir, bagi Anda yang tidak mau mengelilingi pulau ini menggunakan sepeda, pihak Pulau Rottnest telah menyediakan bus untuk mengantar Anda ke setiap spot wisata di pulau Quokka. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar AUD 20 per orang untuk naik bus tersebut.

Selain itu bagi Anda yang gemar piknik, di Pulau Rottnest sendiri tersedia supermarket, restoran serta toko kopi yang siap menyediakan perbekalan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.