Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemilik Airbnb Sediakan Tempat Tinggal Gratis untuk Pengungsi Gunung Agung

Kompas.com - 29/09/2017, 09:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen platform pemesanan kamar Airbnb mengajak tuan rumah Airbnb menyediakan tempat tinggal secara gratis untuk warga yang terdampak aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali.

Pemilik rumah dan warga yang membutuhkan tempat tinggal bisa dihubungkan melalui Sarana Penanggulangan Bencana yang ada di laman Airbnb.

"Hari ini, Airbnb mengaktifkan Sarana Penanggulangan Bencana untuk membantu penduduk lokal yang terkena dampak aktivitas vulkanik di Bali. Dengan Sarana ini, para pengungsi lokal dan mereka yang membutuhkan akomodasi mendesak akibat bencana ini dapat terhubung dengan tuan rumah Airbnb yang memfasilitasi rumah mereka secara gratis dari sekarang hingga 11 Oktober 2017," kata Manajer Negara Airbnb Asia Tenggara, Hong Kong & Taiwan, Robin Kwok dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (28/9/2017).

BACA: Bandara Ngurah Rai Siap Antisipasi Bila Gunung Agung Erupsi

Konsep Sarana Penanggulangan Bencana ini sudah dimulai sejak tahun 2012 setelah Badai Sandy. Sejak saat itu, mulai berkembang menjadi respons positif dan inisiatif yang dapat memudahkan para tuan rumah Airbnb untuk memberi tempat tinggal sementara.

Belakangan ini, lanjut Robin, Airbnb juga menyediakan sarana saat Badai Harvey dan lebih dari 1.000 pemilik rumah di Texas dan Lousiana menawarkan untuk menyediakan rumah mereka untuk orang-orang yang membutuhkan dalam bencana seperti ini.

"Kami senang melakukan apa yang dapat kami lakukan untuk mendukung upaya tanggap darurat dan membantu siapa pun yang terkena dampak aktivitas vulkanik," tambah Robin.

Adapun bagi yang ingin berpartisipasi menyediakan tempat tinggal gratis di Bali untuk pengungsi atau tenaga bantuan bisa menuju laman https://www.airbnb.co.id/welcome/evacuees/balievacuees .

BACA: Bila Gunung Agung Erupsi, Kota Denpasar Jadi Tempat Evakuasi Wisatawan

 

Bagi yang warga atau pihak lain yang membutuhkan juga bisa langsung mengunjungi laman Airbnb.co.id dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu.

"Tuan rumah Airbnb yang berada di area terdampak dapat memilih untuk mengiklankan rumah mereka dengan biaya $0 dengan mengunjungi halaman-halaman yang didedikasikan untuk suatu peristiwa yang tercakup dalam program Open Homes kami. Tuan rumah bisa mengendalikan seberapa sering mereka ingin membukakan rumahnya dan berapa lama tamu bisa menginap," seperti dikutip dari laman Airbnb.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com