Kompas.com - 29/09/2017, 17:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

GORONTALO, KOMPAS.comFestival Apem atau Apangi digelar warga Desa Dembe I di pinggiran Danau Limboto, Kota Gorontalo.

Sejak awal pekan ini masyarakat desa sudah menyiapkan lokasi di masing-masing rumah untuk menyambut tamu yang datang.

(BACA: Kue Popaco, Kue Basah Manis Legit Nan Harum dari Gorontalo)

Siapa pun yang berkunjung ke rumah warga akan disuguhi apang colo, kue apem khas Gorontalo yang disandingkan dengan gula merah cair. Rasanya maknyus!

“Kami sudah mendata warga yang memasak apangi, ada sekitar 40 ribuan apangi yang bisa dimakan bersama,” kata Zulkarnain Husain, warga Dembe I, Jumat (29/9/2017).

(BACA: Tiga Kuliner Khas yang Wajib Dicoba di Gorontalo)

Zulkarnain dan warga desa sudah menyiapkan 46 wombohe atau pondok kayu sederhana di pinggir Danau Limboto sebagai lokasi menjamu tamu. Tidak terhitung rumah warga yang bisa ditempati untuk menikmati sajian apem.

Kue apem buatan masyarakat Desa Dembe I Kota Gorontalo, Jumat (29/9/2017) disajikan gratis kepada para pengunjung.KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Kue apem buatan masyarakat Desa Dembe I Kota Gorontalo, Jumat (29/9/2017) disajikan gratis kepada para pengunjung.
Seluruh kebutuhan dalam festival apem ini dibiayai masyarakat secara swadaya, sifat kemandirian ini yang terus digali untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan oleh Zulkarnain Husain.

Dalam kegiatan ini, selain makan apem gratis, pengunjung juga bisa melihat langsung apem raksasa yang dibuat warga dan parade sajian apem yang diarak keliling desa.

Kelokan jalan yang di tepi Danau Limboto akan menjadi saksi kemeriahan festival unik ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.