Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Pantai Bersama Si Kecil, Bawa 15 Benda Ini

Kompas.com - 01/10/2017, 15:03 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Akhir pekan, Anda bisa ajak si kecil berwisata ke pantai. Pilihlah waktu di pagi hari sebelum pukul 9 pagi, atau sore hari menjelang matahari terbenam. Namun waktu terbaik berkunjung ke pantai berbeda-beda, tergantung lokasi pantai yang Anda pilih. 

Pastikan Anda mengetahui jadwal matahari terbit dan terbenam di lokasi tersebut. Sehingga Anda bisa memilih waktu terbaik yaitu saat cuaca tidak terlalu panas. 

Sedikitnya ada 15 barang yang wajib Anda bawa saat berwisata bersama anak ke pantai. Berikut daftarnya seperti dihimpun KompasTravel.

Topi lebar

Agar tak terkena matahari langsung, ada baiknya Anda membawa topi yang lebar. Pilihlah warna mencolok seperti warna merah menyala atau kuning cerah. Hal ini akan memudahkan Anda melihat si kecil di tengah keramaian. 

Baju renang

Banyak orang tua yang memakaikan pakaian dalam atau kaus tipis dan celana pendek sebagai pengganti baju renang. Pakaian dari bahan katun akan terasa berat saat terkena air. Hal ini menyusahkan si kecil saat bergerak. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan si kecil mengenakan baju renang. 

Minuman dan makanan

Si kecil mudah terkena dehidrasi bila lama berjemur di pantai. Oleh karena itu, bawalah air mineral dingin dalam botol isi ulang. Selain itu, bawalah beberapa camilan sehat dan awet seperti pisang, roti isi selai, atau biskuit. 

Sunblock

Oleskan tabir surya pada si tubuh dan wajah si kecil sebelum ia beraktivitas di pantai. Gunakan tabir surya khusus untuk anak-anak. 

Sandal jepit

Sandal memudahkan si kecil untuk berjalan-jalan di pantai. Namun biasakanlah ia untuk merasakan sensasi berjalan di atas pasir tanpa alas kaki. 

Alas duduk

Agar si kecil nyaman saat duduk di atas pasir, bawalah alas duduk seperti tikar atau alas yang anti air dan mudah dibersihkan dari pasir. Bisa juga mengunakan perlak atau terpal plastik. Pilihan lain adalah handuk tebal. Walau tidak anti air, tetapi handuk mudah menyerap air dan nyaman saat diduduki. 

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com