Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Piringan Hitam di Blok M Square

Kompas.com - 01/10/2017, 17:05 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

KOMPAS.com - Industri musik tidak akan mati, meski penikmatnya silih berganti. Kemudahan untuk mengakses musik membuat industri ini semakin berkembang pesat. Medium-medium musik mulai dari kaset pita mulai tergeserkan oleh kemunculan CD, yang kemudian tergeserkan oleh musik digital. Namun bagi penyuka barang vintagepiringan hitam ternyata tidak akan tersingkir. 

Berlokasi di lantai Basement gedung A dan B  Blok M Square, Jakarta Selatan, gerai-gerai musik jadul siap menyambut perjalanan Anda berburu piringan hitam. Rak-rak rapi yang tersusun di kiri-kanan lorong akan meramaikan pemandangan Anda saat menyusuri lorong-lorongnya.

Mulai dari musik lokal hingga internasional, musik klasik hingga rock, musik berlabelkan independent hingga musik mainstream siap melengkapi koleksi-koleksi piringan hitam Anda. Beberapa gerai juga menjual turntable sendiri sebagai alat pemutar piringan hitam.

BACA: Kesenian Betawi dan Jepang Hadir di Blok M

Dikutip dari Antaranews, piringan hitam memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggemarnya. Dari segi suara, piringan hitam bisa menghasilkan kualitas suara yang hampir menyerupai data mentah. Hasil suara yang jernih bisa menjadi nilai tambahan tersendiri yang dimiliki piringan hitam. Berbeda dengan musik digital yang terpaksa harus ter-compress sedemikian rupa sampai berukuran file sehingga mengurangi kualitas suara.

Kisaran harga yang dikeluarkan untuk memiliki piringan hitam tergantung dari tingkat kelangkaan dan lama tahun keluar piringan hitam tersebut. Satu buah piringan hitam dibanderol mulai Rp 200.000 hingga di atas Rp 1 juta.

Walaupun tren piringan hitam sudah bergeser sejak kemunculan musik digital, namun bagi segmen tertentu, piringan hitam ini menjadi esensi eksklusif dari musik itu sendiri.

Tidak ketinggalan, Acara Record Store Day juga telah dihelat pada tanggal 22-23 April 2017 di Blok M Square sebagai salah satu acara perayaan eksistensi dari toko-toko musik itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com