Kompas.com - 02/10/2017, 10:11 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurang lengkap jika mampir ke Yogyakarta tanpa mengetahui istilah-istilah yang berlaku di kota tersebut. Pasalnya, Yogyakarta menjadi salah satu kota yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Bagaimana tidak, mulai dari makanan hingga wisata budaya yang kental memberikan ciri khas tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke kota ini.

(BACA: Sarapan di Soto Legendaris Yogyakarta, Soto Pak Marto)

Namun bagi Anda yang belum pernah ke kota ini, berikut beberapa istilah yang perlu Anda perhatikan jika berkunjung ke kota gudeg.

1. Petunjuk Arah

Menanyakan arah di Jogja menjadi salah satu hal yang cukup membuat para wisatawan kebingungan. Seperti halnya terkait penduduk Jogja yang tidak menggunakan istilah “kiri” ataupun “kanan” sebagai petunjuk arah.

Wisatawan asing menyusuri lorong bawah tanah di kompleks Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan asing menyusuri lorong bawah tanah di kompleks Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).
Melainkan lebih familiar menggunakan istilah  “timur” atau “selatan” dan seterusnya sebagai petunjuk arah.

(BACA: Bandara Internasional, Tantangan Baru Pariwisata DI Yogyakarta)

Kuncinya  adalah melihat Gunung Merapi sebagai patokan arah Utara. Sebenarnya dengan model petunjuk mata angin akan lebih memudahkan Anda  menemukan titik temunya karena kota Jogja tertata rapi menyerupai kotakan.

2. Bangdjo

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.