Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Iga Sapi di Dalam Balutan Bakso

Kompas.com - 03/10/2017, 08:31 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tulang iga pada sapi merupakan salah satu bagian favorit, harganya pun lebih mahal dari beberapa bagian lainnya. Bagaimana jika dipadukan dengan hidangan kesukaan segala kalangan, yaitu bakso?

Salah satu gerai di Festival Bakso dan Kuliner Nusantara, Living World Mall menyajikan varian bakso yang cukup unik. Yaitu Bakso Iga Pak Topi, dari ragam bakso yang dijualnya, unggulannya sudah pasti sang bakso iga.

(BACA: Ini Bagoja, Bakso Goreng Gajah Berisi Daging Ayam dan Udang)

Jika biasanya bagian sapi seperti iga, tetelan, atau yang lainnya hanya sebagai topping dalam semangkuk bakso, di sini daging iga berserta tulangnya masuk kedalam balutan bakso. Bentuk bakso iga pun menjadi besar.

"Supaya lebih menarik aja, jadi sekali gigit dapet bakso sama iganya," ujar Agus, sang pemilik sekaligus peracik Bakso Iga Pak Topi, kepada KompasTravel, Minggu (1/9/2017).

(BACA: Ini 4 Bakso yang Wajib Dicoba di Festival Bakso Living World)

Empuknya daging iga yang masih menempel di tulang, dibalut padatnya daging bakso racikan Bakso Iga Pak Topi, begitulah deskripsi singkat dari perawakan bakso ini. Dalam satu gigitan, Anda bisa merasakan bakso sekaligus daging iganya yang empuk.

Agus mengatakan, salah satu resepnya ialah tulang iga dimasak dahulu 2-3 jam hingga empuk, baru diolah dengan bakso dan rempahnya.

"Daging sapinya dan iga harus pakai yang fresh, pagi belanja, siang harus langsung dijual. Kalau difrozen beda rasanya," ungkap Agus.

Festival Bakso yang digelar di Living World, Alam Sutera, Tangerang berhasil menyedot para penggemar bakso, mereka bisa mencici aneka ragam jenis bakso mulai bakso kelapa, bakso goreng, bakso gepeng, bakso bakwan, bakso iga, bakso sum-sum dan yang lainnya. Diselenggarakan mulai 28 September hingga 8 Oktober 2017.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Festival Bakso yang digelar di Living World, Alam Sutera, Tangerang berhasil menyedot para penggemar bakso, mereka bisa mencici aneka ragam jenis bakso mulai bakso kelapa, bakso goreng, bakso gepeng, bakso bakwan, bakso iga, bakso sum-sum dan yang lainnya. Diselenggarakan mulai 28 September hingga 8 Oktober 2017.
Selain bakso iga, sajian lainnya yang ramai diburu penggemar Bakso Iga Pak Topi ialah bakso uratnya. Bakso urat yang besar ini berisikan cacahan urat yang masih sangat teras ketika dilahap.

Agus mengatakan, sengaja tidak menggiling urat, agar tetap renyah dan terasa saat dikunyah. Kumpulan daging urat, dengan tulang lunak pun begitu terasa saat KompasTravel melahapnya, bahkan terlihat jelas bentuknya yang dibalut adonan bakso.

Dalam satu porsi bakso iga, terdapat satu bakso iga sebesar tujuh centimeter, dengan dua bakso kecil, juga sayur, mi, dan pelengkap lainnya. Satu porsi tersebut dijual Rp 35.000. Begitupu porsi untuk bakso uratnya.

Sayangnya sampai saat ini, Bakso Iga Pak Topi baru bisa didapatkan di gelaran festival-festival kuliner Jabodetabek. Jadi Anda bisa berburu bakso ini di Festival Bakso, Living World Mall, Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Festival ini diselenggarakan mulai 28 September hingga 8 Oktober 2017. Semula dibuka mulai pukul 15.00 tiap harinya, karena antusiasme yang tinggi, pihak penyelenggara membuka mulai jam makan siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com