Ini Daftar Museum yang Menyimpan Koleksi Heroik TNI

Kompas.com - 05/10/2017, 08:05 WIB
Pengunjung melihat-lihat alat utama sistem persenjataan Tentara Nasional Indonesia yang dipajang di ruang senjata, Museum Satria Mandala, Jakarta, Sabtu (20/6/2015). Museum itu dahulu adalah Wisma Yaso, rumah pemberian Soekarno untuk istrinya, Ratna Saridewi Soekarno. Di rumah itu, Soekarno menghabiskan waktu 17 bulan dalam kondisi sakit dan sepi, sebelum meninggal pada 21 Juni 1970. KOMPAS/AGNES THEODORA WOLKH WAGUNUPengunjung melihat-lihat alat utama sistem persenjataan Tentara Nasional Indonesia yang dipajang di ruang senjata, Museum Satria Mandala, Jakarta, Sabtu (20/6/2015). Museum itu dahulu adalah Wisma Yaso, rumah pemberian Soekarno untuk istrinya, Ratna Saridewi Soekarno. Di rumah itu, Soekarno menghabiskan waktu 17 bulan dalam kondisi sakit dan sepi, sebelum meninggal pada 21 Juni 1970.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit museum yang dikhususkan untuk mengenang jasa TNI
dalam menunaikan tugas bela negara. Di museum tersebut pengunjung dapat belajar sejarah sekaligus melihat langsung koleksi yang berhubungan dengan sejarah TNI.

Memperingati Hari Lahir TNI yang jatuh pada 5 Oktober, ini daftar museum yang memuat memorabilia seputar TNI:

1. Museum Satria Mandala, Jakarta

Museum yang terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 14, Jakarta ini menjadi
museum yang dikhususkan untuk mengenang perjuangan TNI. Ragam koleksi lengkap mulai dari senjata, atribut khusus, pesawat, dan diorama perang tersimpan di Museum Satria Mandala.

(BACA: Mengenang Kisah Tragis G-30S/PKI di Museum AH Nasution)

Museum ini dahulu juga terkenal sebagai Wisma Yaso, tempat istirahat Presiden RI Soekarno jelang akhir hayatnya.

2. Museum Yos Sudarso, Surabaya

Yosaphat Soedarso adalah pahlawan Indonesia yang berasal dari TNI Angkatan Laut. Ia
gugur di pertempuran Laut Aru pada konflik Trikora (Papua Barat).

(BACA: Serunya Wisata Malam di Museum Perumusan Naskah Proklamasi)

Atas jasanya, monumen pahlawan kelahiran Salatiga ini dibuat di Kawasan Ujung, Surabaya. Lengkap dengan museum yang menjelaskan perkembangan TNI Angkatan Laut di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X