Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Buat Paket Wisata Naik Kereta ke Tasikmalaya, Pasti Laku

Kompas.com - 05/10/2017, 14:39 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta PT Kereta Api Indonesia untuk membuat paket-paket wisata ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal itu untuk mengantisipasi okupansi kereta api serta peningkatan arus wisatawan ke Tasikmalaya.

"Kereta api itu di season tertentu tidak terlalu bagus okupansinya, mohon dihitung bahasa jelasnya dibuat lebih banyak paket-paket wisata. Sehingga yang dijual itu bukan tiket kereta api tetapi paket wisata," kata Arief saat ditemui seusai acara Launching "ToF 2017" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

(BACA: Tasikmalaya October Festival 2017 Digelar 14-16 Oktober)

Menurutnya, paket wisata ke Tasikmalaya akan diminati oleh wisatawan. Arief mencontohkan paket wisata dari Bandung ke Tasikmalaya.

"Itu hampir pasti laku misalnya Bandung ke Tasikmalaya tapi yang dijual paket wisata. Itu sangat memungkinkan," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui seusai acara launching Tasikmalaya October Festival (ToF) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (4/10/2017).ARSIP KEMENTERIAN PARIWISATA Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui seusai acara launching Tasikmalaya October Festival (ToF) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (4/10/2017).
Menpar menambahkan Tasikmalaya sudah siap dalam segi akses, amenitas, dan atraksi wisata. Dengan demikian, lanjutnya, wisatawan ke Tasikmalaya bisa meningkat.

"Kereta apinya sudah ada, destinasi sudah ada di Tasikmalaya, amenitasnya sudah ada. Aksesnya pakai sudah ada. Keretanya banyak yang kosong. Hotelnya sudah ada. Kalau harga Bandung-Tasik paket wisata weekend-nya Rp 300.000 sampai Rp 500.000, saya yakin bisa meledak. Jumlahnya bisa sangat banyak karena kereta api sifatnya mass transportation," ujarnya.

Adapun saat ini kereta api yang melayani rute ke Tasikmalaya yaitu KA Serayu (Pasar Senen - Purwokerto). Alternatif lainnya wisatawan bisa menuju Stasiun Bandung (Jawa Barat) atau Stasiun Kroya (Jawa Tengah) terlebih dahulu sebelum menuju Stasiun Tasikmalaya.

Warga Kampung Naga di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan upacara adat marak di Sungai Ciwulan beberapa waktu lalu. Marak adalah kearifan lokal warga Kampung Naga dalam menjaga kelestarian dan kebersihan Sungai Ciwulan.KOMPAS/CORNELIUS HELMY HERLAMBANG Warga Kampung Naga di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan upacara adat marak di Sungai Ciwulan beberapa waktu lalu. Marak adalah kearifan lokal warga Kampung Naga dalam menjaga kelestarian dan kebersihan Sungai Ciwulan.
Sementara, destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Tasikmalaya seperti Pantai Sindangkerta, Curug Dengdeng, Kampung Naga, dan beragam obyek wisata lainnya. Di Tasikmalaya, wisatawan juga bisa berbelanja dan menikmati kuliner setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com