Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampir ke Pemalang, Wajib Mencicipi Nasi Grombyang

Kompas.com - 05/10/2017, 17:08 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dikenal dengan makanan khas yang dimiliki masing-masing daerah. Tak ketinggalan, kota Pemalang juga menyajikan salah satu makanan khas yang siap memanjakan lidah Anda.

Nasi Grombyang, begitu namanya. Diambil dari bahasa Jawa sendiri, 'grombyang' diartikan dengan bergoyang. Goyang yang dimaksud pada makanan ini adalah kuahnya yang menutupi nasinya sehingga membuat isi mangkuk seakan-akan bergoyang.

(BACA: 5 Nasi Goreng Pinggir Jalan dengan Rasa Bintang Lima)

Terletak 100 meter ke utara alun-alun Pemalang, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mampir ke salah satu gerai nasi grombyang khas pemalang  yang satu ini. Nasi Grombyang Haji Warso, nasi grombyang legendaris yang siap memanjakan wisatawan dengan rasa kuahnya yang gurih.

Ciri khas penjualnya dengan gentong besar siap menyambut Anda dengan aroma kuah grombyang yang super sedap. Hampir mirip seperti rawon, kuah kaldu grombyang juga berbahan dasar kluwek. Namun yang membedakan adalah tekstur kuah nasi grombyang yang tidak sekental rawon.

Nasi grombyang satu ini juga disajikan dengan mangkuk kecil yang berisikan nasi, suwiran daging sapi, taburan daun bawang yang disiram kuah kaldu.

Kurang lengkap jika Anda tidak menyantap makanan ini dengan sate sapinya. Es teh manis pun menjadi pendamping yang tepat untuk menemani suasana Anda berlibur di Pemalang.

Gerai Nasi Grombyang Haji Warso terletak di Jalan RE Martadinata. Untuk menyantap makanan ini  Anda hanya perlu merogoh kocek  berkisar  Rp 15.000 dan Rp 4.000 untuk sate kerbaunya per tusuk. Gerai Nasi Grombyang Haji Warso buka pukul  09.00 hingga 21.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com