Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik

Kompas.com - 06/10/2017, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tak betah berlama-lama di atas pasir putih dengan pemandangan air laut yang jernih dihiasi perahu-perahu pembawa wisatawan yang berlabuh di Pulau Dodola, Kabupaten Morotai, Maluku Utara.

Pulau Dodola menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk menikmati dataran yang terbagi dua antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil yang tersambung dengan jembatan pasir putih saat air laut surut.

Di Morotai, tersebar lokasi wisata bahari seperti Pulau Kokoya, Pulau Zumzum, Pasir Putih, Tanjung Gorango, serta lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Di Morotai, tersebar lokasi wisata bahari seperti Pulau Kokoya, Pulau Zumzum, Pasir Putih, Tanjung Gorango, serta lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.
Bukan hanya Pulau Dodola, kabupaten yang terbentuk pada 20 Maret 2008 itu mempunyai banyak lokasi wisata bahari lainnya seperti Pulau Kokoya, Pulau Zumzum, Pasir Putih, Tanjung Gorango, serta lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

(BACA: Untung Nakamura Tidak Harakiri di Morotai)

Untuk menikmati keindahan bawah laut Morotai di Maluku Utara ini sudah ada operator pemandu selam dan snorkeling yang menawarkan jasa dan penyewaan alat selam sehingga wisatawan yang berkunjung tak perlu repot untuk membawa peralatan menyelam.

Menikmati keindahan bawah laut Morotai di Maluku Utara. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Menikmati keindahan bawah laut Morotai di Maluku Utara.
Karena keindahannya, kawasan ini telah ditetapkan pemerintah sebagai satu dari 10 destinasi prioritas di Indonesia.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan itu, pemerintah dan pemerintah daerah setempat mulai berbenah, hotel dan resort sudah mulai dibangun dan tak ketinggalan jalan trans lingkar Morotai untuk mempermudah akses ke lokasi-lokasi wisata.

Pulau Dodola menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan di Morotai, Maluku Utara.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Pulau Dodola menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan di Morotai, Maluku Utara.
Sampai saat ini kunjungan wisatawan ke pulau yang pernah dijadikan pangkalan militer Jepang dan Sekutu saat Perang Dunia II itu masih rendah karena hanya ada penerbangan sekali dalam sehari dengan jumlah 72 kursi.

Pelaku usaha wisata setempat mengharapkan percepatan pelebaran Bandara Pitu, Morotai sehingga bisa mendaratkan pesawat besar agar wisatawan yang datang bisa lebih ramai. (HAFIDZ MUBARAK A)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com