Asyik! Wisatawan Gratis Keliling Kota Semarang dengan Bus Tingkat

Kompas.com - 07/10/2017, 19:21 WIB
Wisatawan yang mulai menaiki bus tingkat wisata kota Semarang, tur yang dimulai dari Museum Mandala Bhakti ini pukul 08.00 WIB, Jumat (6/9/17). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWisatawan yang mulai menaiki bus tingkat wisata kota Semarang, tur yang dimulai dari Museum Mandala Bhakti ini pukul 08.00 WIB, Jumat (6/9/17).
|
EditorI Made Asdhiana

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejak pukul 06.00 pagi, wisatawan sudah mengantre di Museum Mandala Bhakti persis di seberang Tugu Muda, ikon kebanggaan Kota Semarang, Jawa Tengah. Bus pertama berangkat pukul 08.00 WIB, tapi tiket sudah ludes sejak 45 menit sebelumnya.

Untuk menaiki bus ini, tiketnya diperoleh secara gratis. Anda hanya diminta menukarkan kartu tanda penduduk (KTP) dengan tiket, untuk sementara. Setelah trip selesai, Anda akan mendapatkan KTP kembali.

"Kita sedang berada di bus tingkat, wisata Kota Semarang. Perjalanan pertama hari ini dimulai pukul 08.00. Bagi yang membawa makanan diharapkan jangan meninggalkan sampah apa pun, jika terlihat sampah, KTP yang dititipkan akan ditahan sampai kursi bersih kembali," ujar Andri, kru bus yang merangkap jadi tour leader pada Jumat (6/10/2017).

(BACA: 15 Turis Belanda Naik Becak Keliling Kota Semarang, Simak Penuturannya)

Tour leader akan memberitahukan rute yang akan dilalui wisatawan. Pemberhentian pertama ialah Kota Lama Semarang, setelah melewati Stasiun Poncol dan Stasiun Kereta Tawang yang juga salah satu tempat bersejarah di Semarang.

Bus pun berangkat tepat pukul 08.06 WIB meninggalkan Museum Mandala. Lalu lintas Semarang yang tidak terlalu padat di pagi hari membuat lancar perjalanan. Suasana dalam bus pun nyaman, dengan pendingin suara, suspensi dan kursi yang cukup empuk.

(BACA: 4 Tempat Angker yang Dilewati Bus Wisata Bandros)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada empat kru dalam perjalanan, dua pengemudi dan dua helper, untuk melayani penumpang, pemeriksaan tiket, merapikan bus, hingga perawatan bus. Namun, helper kali ini masih merangkap tour leader, dan beberapa kru masih merangkap di luar tugas-tugasnya.

Suasana wisatawan yang memenuhi bus tingkat wisata Semarang di lantai atas, Jumat (6/9/2017) bus ini mengantarkan 70 orang sekaligus dalam satu kali trip. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana wisatawan yang memenuhi bus tingkat wisata Semarang di lantai atas, Jumat (6/9/2017) bus ini mengantarkan 70 orang sekaligus dalam satu kali trip.
Dalam bus ini ada 70 kursi untuk penumpangnya. Semuanya dilengkapi nomor, sehingga wisatawan tinggal duduk sesuai nomor yang sudah ada di tiket masing-masing.

Tiba di Kota Lama, pukul 08.30 wisatawan dipersilakan turun dan menikmati keindahan sekitar Kota Lama selama 15 menit. Dalam perjalanannya bus ini akan berhenti hanya di dua titik wisata selama 15 menit, yaitu di Kota Lama, dan Kampung Pelangi, Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.