Kompas.com - 10/10/2017, 09:24 WIB
Sedikitnya 70 mahasiswa dari berbagai penjuru China Timur berkumpul di Bali Bistro, Shanghai, Sabtu (7/10/2017). Mereka memproklamirkan diri sebagai anggota Generasi Wonderful Indonesia atau GenWI. Komunitas ini aktif di media sosial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dari tempat mereka tinggal. ARSIP KEMENPARSedikitnya 70 mahasiswa dari berbagai penjuru China Timur berkumpul di Bali Bistro, Shanghai, Sabtu (7/10/2017). Mereka memproklamirkan diri sebagai anggota Generasi Wonderful Indonesia atau GenWI. Komunitas ini aktif di media sosial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dari tempat mereka tinggal.
EditorI Made Asdhiana

SHANGHAI, KOMPAS.com - Generasi Wonderful Indonesia yang disingkat GenWI diluncurkan di Bali Bistro, Shanghai, Sabtu (7/10/2017).

Komunitas anak-anak muda yang dimotori anggota PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di China Timur ini bakal menghidupkan media sosial dari negeri tirai bambu itu.

Siaran pers Kemenpar kepada KompasTravel, Senin (9/10/2017) menyebutkan, sedikitnya 70 mahasiswa dari berbagai penjuru China Timur berkumpul. Mereka memproklamirkan diri sebagai anggota GenWI. Sebuah komunitas yang aktif di media sosial, dan siap mempromosikan pariwisata Indonesia dari tempat mereka tinggal.

(BACA: Keindahan Wakatobi Membuat Penasaran Turis China)

Medsos di China ini berbeda platform dengan yang ada di tanah air. Di China yang bisa diakses adalah Weibo, WeChat, Youku dan lainnya. Semua berbahasa Mandarin dan anggotanya berasal dari seluruh wilayah di China.

Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram tidak bisa dibuka dengan provider di China. Termasuk Google juga tidak connect di teritorial China, karena searching engine yang diizinkan pemerintah hanya Baidu. Kecuali membukanya dengan berlangganan operator dari luar China.

(BACA: Kisah Pembuatan Video Wonderful Indonesia yang Menang Kompetisi UNWTO)

Bedanya dengan GenPI, Generasi Pesona Indonesia, GenWI ini di kota-kota besar, pasar utama wisatawan mancanegara. Kalau GenPI memproduksi foto-foto, video, grafis, text story yang bagus dari destinasi wisata dan calender of events, GenWI akan membantu memviralkan di mancanegara.

Hadir peluncuran GenWI China itu adalah Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Stafsus Menpar Bidang Komunikasi Publik Don Kardono, Konsul Jenderal RI di Shanghai Siti Mauludiah, Asdep Asia Pasifik Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar Vinsensius Jemadu dan beberapa staf.

(BACA: Wisatawan China Lebih Pilih Transportasi dan Hotel Murah)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.