Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jalan-jalan Sambil Menggambar Sketsa? Ikut Tur Ini

Kompas.com - 11/10/2017, 08:03 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – The 101 Hotel & Resort bersama PHM Hospitality dan Komunitas Sketchwalker akan menyelenggarakan acara 101 Travel Sketch yang diadakan pada tanggal 28-29 Oktober di Kota Bogor.

Dalam acara ini, para peserta akan diajak untuk jalan-jalan keliling Kota Bogor dan mengunjungi beberapa tempat seperti Pulau Geulis, Jalan Suryakencana dan Kebun Raya Bogor sambil menggambar sketsa suasana di Bogor.

“Sketsa itu kan cenderung untuk meng-sketch bangunan. Kebetulan di Bogor banyak banget bangunan heritage peninggalan kolonial. Selain itu di Kebun Raya juga banyak spot-spot seperti laboraturium. Ada juga kawasan Pecinan, di situ banyak banget bangunan khas kolonial dan Tionghoa. Perkampungannya dan segala macam,” tutur Arthyan Trihandono saat konferensi pers 101 Travel Sketch yang dihelat di Jakarta Creative Hub, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

BACA: Tak Perlu Jauh-jauh, 5 Air Terjun di Bogor Ini Cocok untuk Akhir Pekan

Acara 101 Travel Sketch merupakan wadah untuk menanamkan kreativitas dan memahami serta mendalami budaya dan warisan lokal. Acara ini didedikasikan untuk menciptakan tren traveling baru pada masyarakat dengan mengkontribusi komunitas-komunitas sketchwalker untuk menjembatani minat masyarakat pada kesenian.

Acara ini akan diadakan di 7 kota di Indonesia yakni Bogor, Yogyakarta, Palembang, Bandung, Malang, Jakarta dan Bali. Rangkaian acara ini juga sekaligus diadakan dalam rangka mempromosikan pariwisata lokal Indonesia.

“Namanya sketsa itu adalah gambar cepat yang fungsinya untuk mencatatat dalam bentuk gambar dan untuk menuangkan ide. Jadi yang dilihat dari gambar itu sendiri bukan bagusnya, tapi gimana komunikatifnya. Minimal komunikatif,” tutur Iqbal Amirdha selaku seniman pembicara dalam kesempatan yang sama.

Selain kreativitas peserta, hasil karya peserta dalam menggambar sketsa nantinya akan dilelang dan dikumpulkan untuk membantu mendorong Pulau Geulis sebagai salah satu “Desa Wisata Mandiri”.

“Jadi hasil gambar sketsa dari hasil sketsa peserta selama dua hari akan dilelang dan sebagian besar hasilnya akan didonasikan untuk pengembangan Pulau Geulis. Menjadi salah satu destinasi yang didorong warga setempat untuk menjadi Desa Wisata Mandiri,” tambah Sheila Rooswitha Putri selaku seniman lainnya.

Bagi yang tertarik untuk mendaftar, Anda dapat melakukan registrasi melalui situs 101 Travel Sketch. Biaya registrasi sebesar Rp 90.000 untuk travel sketch dan Rp 150.000 – Rp 250.000 untuk workshop.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti serangkaian acara Travel Sketch tapi berdomisili di luar Bogor, Anda akan mendapatkan promo harga khusus selama menginap di The 101 Hotel & Resort.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com