Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Pariwisata Sepanjang 2018

Kompas.com - 12/10/2017, 07:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 50 event pariwisata disiapkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, untuk menarik kunjungan wisawatan. Event-event yang bakal diselenggarakan mengandalkan daya tarik berupa budaya, alam, bahari, dan buatan manusia.

"Memang (event) dominan alamnya sehingga 60 persen itu festival alam. Festival budaya ada 30 persen, sisanya buatan," kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Zainuddin dalam acara "Launching Calendar of Event Kabupaten Kepulauan Selayar 2018" di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Menurut Zainuddin, Pesona Takabonerate dipilih menjadi agenda utama 50 event yang diselenggarakan pada tahun 2018. Adapun 50 event sepanjang tahun 2018 adalah bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengembangkan pariwisata.

BACA: Selayar Tunggu Kehadiran Investor

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengapresiasi peluncuran Calendar of Events 2018 Kabupaten Kepulauan Selayar. Ia menyebut Kabupaten Kepulauan Selayar adalah kabupaten tercepat di Indonesia yang meluncurkan kalender wisata.

"Saya harap tanggal event tersebut sudah fix dan tak tentatif. Potensi event Kepulauan Selayar, tentu bahari tapi saya lihat wisata baharinya kurang di-core event maupun supporting tak sampai lima yang wisata bahari. Nanti bisa digali dan dikembangkan untuk wisata bahari," jelasnya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Zainuddin dalam acara Launching Calender of Event Kabupaten Kepulauan Selayar 2018 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/10/2017).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Zainuddin dalam acara Launching Calender of Event Kabupaten Kepulauan Selayar 2018 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Adapun 12 agenda setiap bulan di Kabupaten Selayar adalah Selayar Maraton 10 kilometer, Festival Budaya Bajo, Sail dan Sale Selayar, Jambore Selam, Selayar Fishing Competition, Tourism Photo Exhibition, Festival Gong Nekara, Selayar International Folk Art & Tourism Festival bulan Agustus, Adventure Trail Tourism, Takabonerate Island Expedition, Selayar Anniversary, dan Motor Wisata Classic.

Kabupaten Selayar merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di luar Pulau Sulawesi. Selayar bisa dijangkau melalui jalur udara dan kombinasi jalur darat serta laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com