Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Menarik Konsumsi Cokelat bagi Orang Indonesia

Kompas.com - 13/10/2017, 07:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cokelat ternyata masuk ke dalam lima camilan favorit di Indonesia. Ternyata, setiap tahun, satu orang bisa makan total lebih dari sepiring penuh cokelat.

Cokelat terkenal dengan makanan yang bisa memperbaiki mood. Selain itu, karena banyak mengandung glukosa, cokelat biasa dikonsumsi para pendaki gunung untuk menyuplai energi.

BACA: Jenis Baru Cokelat, Warna Pink dengan Rasa Berry

Brand Manager Chocolate Mondelez Indonesia, Dini Anggraeni menyebutkan hasil survey salah satu lembaga dunia menyebutkan cokelat termasuk lima besar camilan favorit di Indonesia.

"Bicara budaya snacking di Indonesia, cokelat ada di urutan keempat setelah keripik kentang, biskuit, savory, dan sweet biscuits. Itu berdasarkan Nielson," ungkapnya pada KompasTravel setelah peluncuran produk baru Cadbury 5 Star di Jakarta, Selasa (11/10/2017).

Dian mengatakan posisi tersebut bertahan hingga tahun ini. Sampai Agustus 2017, cokelat masih menjadi camilan favorit orang Indonesia setelah kripik kentang dan biskuit.

Tanaman kakao petani Sebatik. Untuk mendongkrak harga jual biji kakao, Pemkab Nunukan, Kalimantan Utara, membuat Desa wisata cokelat di Sebatik.KOMPAS.com/SUKOCO Tanaman kakao petani Sebatik. Untuk mendongkrak harga jual biji kakao, Pemkab Nunukan, Kalimantan Utara, membuat Desa wisata cokelat di Sebatik.
Sedangkan untuk konsumsi pribadi, setiap orang di Indonesia memakan rata-rata 300 gram cokelat per tahun. 

"Sebenernya kalau kita bicara penetrasi cokelat itu sendiri, indonesia penetrasi cokelatnya sampai 78 persen dalam satu tahun," ujarnya.

BACA: Cokelat Tiga Rasa yang Cocok untuk Milenial

Hal ini membuktikan bahwa dari 261,1 juta masyarakat Indoensia, sebanyak 78 persen mengonsumsi cokelat. Mungkin Anda termasuk dari 203,6 juta orang yang suka camilan ini. Baik dari milk chocolate, dark chocolate, sampai white chocolate.

Tak heran industri cokelat di Indonesia kian berkembang. Aneka variannya pun sangat mudah dan banyak kita temu di toko ritel besar hingga warung kecil.

Sayangnya produk yang sering kita temui itu mayoritas olahan luar. Padahal Indonesia adalah salah satu negara penghasil kakao berkualitas tinggi di dunia. Eksistensi cokelat Indonesia, khususnya Jawa, sudah ada sejak tahun 1568.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com